Belajar Matematika SD Asyik dengan Game Math Playground

344
Oleh: Siska Rochmanita Kustiyoasih, S.Pd.SD
Oleh: Siska Rochmanita Kustiyoasih, S.Pd.SD

RADARSEMARANG.ID Keberhasilan siswa dalam belajar matematika dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain minat siswa, motivasi siswa, inteligensi siswa, sikap siswa, lingkungan sosial, pendekatan yang dilakukan oleh guru dan metode yang digunakan oleh guru (Hasmiah, 2010; Syah, 2010). Faktor lain yang juga berpengaruh adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat menyampaikan atau mengantar-kan pesan-pesan pembelajaran (Arsyad, 2015:3). Penggunaan media pembelajaran yang menarik akan meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk belajar yang pada akhirnya akan membuat siswa berhasil memahami materi yang diberikan (Setyadi dan Qohar, 2017:1).

Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika juga menghasilkan berbagai media yang beragam. Salah satu media tersebut adalah mobile learning. Secara sederhana, mobile learning dapat diartikan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar di manapun mereka berada. Penggunaan mobile learning dalam pembelajaran matematika memiliki beberapa keunggulan, di antaranya dapat dioperasikan di manapun dan kapanpun, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa.

Supaya siswa SD Negeri Banyumanik 03 Semarang tidak bosan dengan pembelajaran matematika, sebagai pendidik penulis mencoba dengan game math playground. Di mana bisa kita dapatkan dengan mudah di Google dan bisa digunakan dari kelas 1 sampai kelas 6. Bisa menggunakan komputer ataupun android. Android sendiri merupakan sistem operasi yang tepat digunakan untuk pengembangan mobile learning.

Math playground ini merupakan game dengan pembelajaran matematika di dalamnya. Sehingga sangat menarik dengan tampilan warna-warninya bagi siswa SD. Langkah-langkahnya game ini relatif mudah. Pertama, guru harus menyampaikan dulu materi apa yang akan disampaikan sesuaikan dengan kompetensi siswa. Kedua, guru membimbing siswa untuk mengetik www.mathplayground.com pada Google di android siswa. Ketiga, guru membimbing siswa dengan memilih jenjang kelas dan menu yang ada di math playground. Karena ada beberapa menu yang dapat kita mainkan, seperti math games, logic games, math arcade, story math, math video. Keempat, guru mengarahkan siswa untuk memlilih materinya. Beberapa materi yang disuguhkan di game tersebut mulai dari menghitung banyak benda, penjumlahan, pengurangan, pecahan, membandingkan, pembagian, perkalian, bilangan bulat, faktor, mengubah pecahan menjadi persen, geometri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan dari game ini adalah menyuguhkan game pembelajaran matematika dengan warna-warni gambar yang sangat menarik. Sedangkan kelemahan dari game ini adalah jika ingin yang lebih menarik lagi, maka kita bisa membeli menggunakan yang premium. Dalam pengajaran android, guru tidak bisa sendiri harus dibantu dengan dua patner untuk membantu siswa yang kesulitan. Selain itu, mengantisipasi bila ada siswa yang menyimpang membuka aplikasi yang lainnya yang tidak diminta oleh guru.
Namun dari kelebihan dan kekurangan tersebut, game math playground ini tetap dapat membantu siswa dalam pembelajaran matematika, terutama dalam penanaman konsepnya dan membuat guru lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. (by1/aro)

Guru Kelas 1 SD Negeri Banyumanik 03 Semarang





Tinggalkan Balasan