Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika

206
Oleh: Cahyati, S.Pd.
Oleh: Cahyati, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, Salah satu upaya yang diterapkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, sekaligus membantu melatih keterampilan siswa dalam menggambar kurva supaya hasil belajar penerapan hitung integral maksimal adalah dengan memanfaatkan aplikasi GeoGebra pada gadget. GeoGebra adalah salah satu program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. GeoGebra dikembangkan oleh Markus Hohenwarter seorang matematikawan Austria mulai tahun 2001 (dalam Ali Syahbana, 2016:2).

Aplikasi GeoGebra dapat diinstal pada komputer pribadi dan dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa dan guru. Aplikasi GeoGebra sangat membantu siswa, terutama yang mengalami kesulitan dalam menggambar grafik. Dengan menggunakan aplikasi GeoGebra siswa yang merasa kesulitan menggambar grafik fungsi yang merupakan faktor penting dalam menyelesaikan soal penerapan hitung integral teratasi.

Menurut Hohenwater (dalam Ali Syahbana, 2016:2), GeoGebra merupakan salah satu program komputer untuk konsep geometri dan aljabar. GeoGebra bersifat multi representasi, yaitu adanya tampilan aljabar, adanya tampilan grafis dan adanya tampilan numerik.

Kelebihan maupun kekurangan penggunaan GeoGebra, antara lain dapat menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka, adanya fasilitas animasi dan gerakan manipulasi (dragging) pada program GeoGebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep Geometri, dapat dimanfaatkan sebagai evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan/grafik yang telah dibuat benarm, dan mempermudah guru atau siswa untuk menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri.

Penggunaan aplikasi GeoGebra sendiri untuk menggambar grafik fungsi cukup mudah. Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Weleri Kabupaten Kendal, siswa menginstalnya di gadget masing-masing, untuk menggambar grafik / kurva, misalnya grafik fungsi kuadrat, siswa tinggal mengetik persamaan kuadrat pada masukan, dan setelah ditekan enter akan terlihat grafik fungsi kuadrat yang dimaksud, jika siswa akan menggabungkan grafik fungsi kuadrat yang sudah ada dengan grafik / kurva lain misalnya garis, maka tinggal menuliskan persamaan garis tadi. Selain hal tersebut di atas, siswa juga dapat mengetahui koordinat titik potong antara dua kurva yang sudah dibuat, yaitu dengan meng klik titik potongnya.

Penggunaan aplikasi GeoGebra mempunyai banyak manfaat yaitu lebih menarik perhatian, memotivasi siswa untuk melakukan proses belajar individual maupun kelompok, dapat mengembangkan kemandirian siswa, dapat melatih siswa, meningkatkan keterampilan siswa dalam menganalisis, serta mendidik siswa untuk teliti dan dapat bekerja sama dengan teman lainnya, selain itu, siswa akan lebih senang mengikuti pelajaran karena kegiatan siswa dapat direkam, disimpan bahkan dicetak dengan kata lain mereka juga belajar mendokumentasikan hasil pekerjaannya, sehingga meningkatan hasil belajar dan juga dapat merubah perilaku siswa dalam belajar penerapan hitung integral, dari kondisi awal kurang memperhatikan menjadi belajar dengan disiplin, berani mengemukakan pendapat, kritis, cermat, serta dapat bekerja sama dengan temannya. (ttg4/aro)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Weleri

Tinggalkan Balasan