Belajar Global Warming dengan Media Komik Strip

6095
Oleh: Muh. Badrudin
Oleh: Muh. Badrudin

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran geografi yang menggambarkan tentang fenomena di bumi akan lebih menarik dan lebih mudah dipahami melalui gambar. Karena itu, media pembelajaran melalui komik, khususnya geografi sangat tepat untuk proses pebelajaran.

Komik adalah cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata-kata (Franz dan Meier, 1994:55). Komik memiliki beberapa ciri ciri, antara lain: komik hadir untuk menyampaikan cerita. Namun, berbeda halnya dengan bacaan fiksi dan nonfiksi yang menyampaikan cerita dengan terks verbal, komik hadir lewat gambar dan bahasa, lewat teks verbal dan nonverbal sekaligus.

Keterkaitan antara terks verbal dan nonverbal dalam komik sedemikian erat, dan tidak dapat dipisahkan tanpa kehilangan roh cerita. Salah satu jenis komik berdasarkan ceritanya adalah komik edukasi. Komik edukasi adalah suatu bacaan atau gambar yang berisikan muatan pelajaran yang dapat membantu menambahkan ilmu pengetahuan seseorang.

Komik edukasi memiliki dua fungsi. Pertama, fungsi hiburan. Kedua, dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak langsung untuk tujuan edukatif. Hal ini karena kedudukan komik yang semakin berkembang ke arah yang baik. Karena masyarakat sudah menyadari nilai komersial dan nilai edukatif yang biasa dibawanya.
Salah satu bentuk komik jika dilihat dari segi bentuk penampilan atau kemasan adalah komik strip (comic strip).

Komik strip merupakan komik yang hanya terdiri atas beberapa panel gambar saja, namun dilihat dari segi isi telah mengungkapkan sebuah gagasan yang utuh. Tentu saja, karena gambarnya hanya sedikit dan gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, lazimnya hanya melibatkan satu fokus pembicaraan seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa dan isu-isu mutakhir. Biasanya terdiri atas tiga hingga delapan panel atau sekitarnya.

Model pembelajaran dengan membuat komik strip yang penulis lakukan di kelas X IPS dengan mengambil KD 3.6 Menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan pada materi Global Warming (Pemanasan global) di MA Salafiyah Syafiiyah Proto Kedungwuni, Pekalongan, merupakan model pembelajaran yang menggunakan android sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar komik ini disusun dan dirancang agar anak dapat menerima informasi dari gambar tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar. Sekaligus pemanfaatan android sebagai media pembelajaran.

Penggunaan media ini menggunakan aplikasi coic strip pro yang bisa diunduh di play store. Langkah pertama, kita buat storyline komik sebuah jalan cerita dari komik yang akan kita buat. Kedua, kita siapkan gambar peran dan objek yang sesuai dengan storyline yang dibuat. Ketiga, kita buat komik strip dengan langkah – langkah kerja sebagai berikut: Pilih menu (tiga garis) di kiri, kemudian klik New Story Board. Pilih gambar pertama di tengah. Pengaturan frame ada di kanan bawah (simbol tanda tanya). Jika gambar pertama sudah masuk, silahkan pilih layout tampilan dengan mengklik Menu (tiga garis) di kiri, dan pilih Lay out.

Ada tiga bentuk layout yang bisa dipilih, sesuaikan dengan instruksi. Ingat, jika tidak melakukan pilih layout, maka tampilan akan ter-default menggunakan empat kolom. Jika sudah melakukan upload gambar, masukkan kolom tulisan dari menu yang ada di sebelah kanan (menu komentar), kemudian atur sesuai dengan keinginan instruksi. Jika sudah selesai dengan frame tersebut, bisa dicek hasilnya menggunakan menu “Kaca Pembesar.” Jika ingin menambahkan strip, pilih Newframe pada menu yang ada di kanan bawah. Jika ingin mengakhiri hasil (finishing), silahkan klik Save.

Dengan menerapkan metode pembelajaran comic strip ini diharapkan siswa dapat secara aktif termotivasi mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat melatih siswa untuk lebih giat belajar secara mandiri dan menguji kesiapan siswa dalam pembelajaran geografi dengan pemanfaatan android. (pkn2/aro)

Guru Geografi MA Salafiyah Syafiiyah Proto Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Tinggalkan Balasan