Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata dengan Tebak Kata

191
Oleh: Desi Arwati, S.Pd.
Oleh: Desi Arwati, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, BAHASA adalah alat untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Diera globalisasi sekarang ini peserta didik dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Inggris selain bahasa Indonesia. Untuk dapat berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik maka harus menguasai grammar dan vocabulary (kosakata). Kosakata adalah himpunan kata yang diketahui maknanya dan dapat digunakan seseorang dalam bahasa. Penguasaan kosa kata dianggap bagian yang sangat penting dalam pembelajaran suatu bahasa.Tanpa memiliki vocabulary yang memadai peserta didik akan mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi ketrampilan berbahasa yang diharapkan.

Melihat berbagai masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya vocabulary (kosakata) maka jalan keluar yang mungkin bias membantu yaitu melalui metode tebak kata (Guess Word). Tebak kata adalah sebuah pendekatan permainan yang menuntut kemahiran setiap peserta didik dalam menggunakan vocabulary yang dimiliki. Tebak kata adalah suatu metode dituntut peserta didik untuk memberi jawaban yang ditentukan. Metde bebas mengeluarkan vocabulary yang mereka miliki asalkan permainan tetap bisa berjalan sesuai peraturan.

Pendapat beberapa ahli mengatakan bahwa metode tebak kata adalah metode menggiring peserta didik pada cara belajar menganalisa interaksi antara penebak dan penyimpan kata yang menunjukkan strategi yang rasional yang ditimbulkan masing- masing kelompok. Dengan menganalisis strategi yang menghasilkan tebakan diatas seluruh peserta didik akan ikut mengaktifkan mental kognitif masing – masing secara spontan sehingga kelompok lain yang sedang tidak bermain bias bersama – sama menebak dalam hati. Hal ini akan memberi motivasi kepada peserta didik pada umumnya. Contoh dalam pembelajaran guru memberikan tema tentang “daily activities” dalam teks deskripsi untuk setiap kelompok. Maka setiap anggota kelompok harus menyambung akhir huruf kata tema tersebut.
Step – step yang harus dilakukan ketika menggunakan metode ini antara lain, yang pertama guru membentuk kelompok menjadi empat, kedua setiap kelompok disediakn satu vocabulary tentang tema yang sudah disediakan, ketiga secara berkelompok peserta didik memperbanyak vocabulary yang mereka terima, keempat setiap kelompok melaporkan hasil kerjanya dan selanjutnya guru memberi nilai bagi setiap kelompok.

Kelebihan menggunakan metode tebak kata dalam pembelajaran bahasa di tingkat sekolah menengah pertama antara lain memperbaiki pembelajaran dikelas karena pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk game/ permainan. Kedua pembelajaran lebih bervariasi. Ketiga pembelaran akan lebih menyenangkan karena peserta didik mempunyai kebebasan untuk mengeluarkan vocabulary yang mereka miliki dan peserta didik akan menguasai kosakata sebanyak mungkin.
Harapan penulis semoga dengan penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran bahasa Inggris dikelas maka hasilnya akan meningkat seperti yang diharapkan. (pm2/bas)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 5 Comal

Tinggalkan Balasan