Google Play Meningkatkan Minat Belajar Siswa

129
Oleh: Eni Yuliati, S.Pd. M.Si
Oleh: Eni Yuliati, S.Pd. M.Si

RADARSEMARANG.ID, DENGAN kemajuan teknologi yang begitu cepat dan pesat ini, manusia berbondong-bondong mengikuti arus perkembangan dunia yang menuntut mereka menuju zaman yang semakin serba canggih dan mudah, salah satunya adalah memanfaatkan gadget. Di era serba digital sekarang ini teknologi menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk membantu dan memudahkan manusia dalam segala bidang. Masyarakat yang tidak paham teknologi dituntut untuk mempelajari dan memanfaatkannya, agar tidak dianggap sebagai orang yang ketinggalan zaman.

Dewasa ini yang menjadi tren utama salah satu teknologi yang ada adalah Gadget, seperti: Handpone, tablet, laptop, kamera, dll. Seakan-akan gadget menjadi makanan semua orang baik dari semua kalangan, laki-laki perempuan, besar kecil, tua maupun muda. Gadget merupakan alat untuk mempermudah segala kebutuhan dan kegiatan manusia, sehingga digemari dan menjadi pilihan dari berbagai kalangan, termasuk kalangan pelajar pada saat ini, seperti untuk mengakses informasi, menambah wawasan, sebagai gaya hidup, dan eksistensi diri. Gadget sekarang ini layaknya seperti teman sendiri, karena gadget memiliki aplikasi dan pembaharuan dari hari ke hari yang disukai banyak orang dan membuat hidup bisa dikatakan lebih instan. Banyak pelajar yang menggunakan gadget disekolah, seperti: HP Android, laptop dan sejenisnya, karena memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini kehadirannya sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka, salah satunya dalam proses pembelajaran.

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk mahluk hidup dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.

Dunia HP Android tidak bisa di pisahkan dari siswa, sebagai pendidk kita harus bisa memahami kesenangan siswa pada era sekarang. Kita harus mampu meningkatkan minat belajar tanpa menghilangkan kesenangan siswa itu sendiri. Metode pembelajaran Google Play sangat tepat untuk di gunakan dalam proses belajar mengajar. Metode ini saya terapkan pada siswa kelas XI SMA N 1 Comal di semester 2 Tahnu 2019. Dalam memberikan materi pelajaran, kita harus bisa membuat materi yang di sajikan dalam bentuk Google Play, sehingga siswa dapat menikmati suasana belajar. Materi pembelajaran tidak selalu kita yang harus menyampaikan siswapun pun di latih untuk mempresentasikan sebuah materi pelajaran. Penugasan yang di berikan terhadap siswa adalah di buat beberapa kelompok.

Materi sistem koordinasi mencakup tentang berbagai macam alat indra ( indra penglihatan, indra pendengaran, indra penciuman, indra peraba dan indra perasa). Masing-masing kelompok membuat materi alat indra dalam bentk Google Play dengan cakupan materi tentang Gambar alat indranya beserta keterangan, proses pengantaran impuls melalui alat indra, serta gangguan dan kelainan pada sistem alat indra tersebut. Tugas guru yang di berikan terhadap siswa untuk membuat materi dalam bentuk Google Play selain untuk memahami konsep materi ada nilai ketrampilan IT pada diri siswa. (pm2/bas)

Guru Biologi SMA Negeri 1 Comal

Tinggalkan Balasan