Mudahnya Presentasi Persebaran SDA di Indonesia dengan Media Peta

643
Oleh : Iffah Rahmi PN, S.Pd
Oleh : Iffah Rahmi PN, S.Pd

RADARSEMARANG.ID, INDONESIA merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Salah satu faktor yang mempengaruhi dikarenakan letak Indonesia yang strategis, yaitu terletak diantara dua benua dan dua samudera besar yaitu benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Posisi silang ini tidak hanya menyebabkan Indonesia memiliki posisi strategi sebagai poros maritim dunia, tetapi juga karena letaknya yang dilewati garis Khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim tropis sehingga memungkinkan Potensi SDA yang melimpah. Agar siswa lebih memahami potensi SDA yang dimiliki oleh Indonesia, Penulis menggunakan metode pembelajaran dengan Pembuatan Media Peta Persebaran SDA di Indonesia dan mempresentasikan Media Peta tersebut di depan kelas.

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen dari proses pembelajaran yang kehadirannya akan sangat menentukan tingkat keberhasilan dari pembelajaran yang dilakukan. Ketepatan pemilihan metode akan berdampak positif bagi meningkatnya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengingat dalam proses pembelajaran di dalam kelas ada tujuan yang ingin dicapai, seperti yang dikatakan oleh Sadulloh,et al (2007: 79)

Seorang guru harus bisa menemukan metode pembelajaran yang baik dan tepat untuk materi yang akan disampaikan kepada siswanya. Metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang akan disampaikan. Dengan metode yang tepat pun, kesulitan guru dalam menyampaikan materi bisa diminimalisasikan. Konsep mengenai metode pembelajaran tak hanya harus dipahami oleh seorang guru saja. Siapapun juga diharapkan bisa memahaminya karena pendidikan sangat penting bagi masa depan kita semua. Untuk dapat mengembangkan metode pembelajaran yang efektif maka setiap guru harus memiliki pengetahuan yang memadai berkenaan dengan konsep dan cara-cara pengimplementasian model-model tersebut dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang efektif memiliki keterkaitan dengan tingkat pemahaman guru terhadap perkembangan kondisi siswa-siswa di kelas.

Dalam kaitannya dengan tugas project yang Penulis berikan kepada siswa kelas XI SMAN 11 Semarang semester ganjil pada materi persebaran SDA di Indonesia, siswa dibimbing untuk membuat peta Persebaran SDA di Indonesia dengan membentuk kelompok. Masing-masing kelompok sudah ditentukan satu dari beberapa jenis SDA di Indonesia. Hal ini bertujuan agar siswa lebih terampil dalam membuat Peta Persebaran SDA di Indonesia dengan memanfaatkan media yang ada, yaitu dengan menggunakan stereoform warna warni dan tripleks. Warna dari stereoform disesuaikan dengan jenis SDA masing-masing.

Sebagai contoh, untuk SDA Kehutanan menggunakan stereoform yang berwarna hijau, SDA kelautan menggunakan stereoform berwarna biru, dan seterusnya. Hal ini untuk memudahkan siswa membedakan jenis-jenis SDA yang ada di Indonesia. Kemudian stereoform akan dibentuk serupa dengan Pulau-Pulau yang ada di Indonesia, selanjutnya stereoform ditempelkan di atas tripleks yang sudah disiapkan. Masing-masing pulau diberi keterangan mengenai persebaran jenis-jenis SDA yang sudah ditentukan tadi. Setelah media Peta siap, masing-masing kelompok maju ke depan kelas, untuk selanjutnya mempresentasikan hasil dari Peta Persebaran SDA yang telah dibuat. Satu dari masing-masing siswa dalam kelompok tersebut kemudian menyimpulkan hasil dari apa yang sudah dipresentasikan.

Metode ini sangat efektif dan menyenangkan, karena siswa tidak hanya dituntut untuk bisa mempresentasikan Peta, tapi siswa juga memiliki skill atau keterampilan untuk membuat Peta persebaran SDA dengan acuan Peta Dasar dan Peta Tematik. Hal ini sangat berdampak positif, karena akan terjalin kerjasama antar teman dalam satu kelompoknya dalam menuangkan ide-ide atau pendapat dari masing-masing siswa ke dalam bentuk Peta. Kreativitas dari masing-masing siswa juga sangat Penulis harapkan agar media yang sudah mereka buat memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga nantinya didalam mempresentasikan materi, siswa mampu mengindentifikasi daerah-daerah mana saja di Indonesia yang memiliki SDA serta menganalisis jenis-jenis SDA yang ada di masing-masing wilayah di Indonesia. (man1/zal)

Guru SMAN 11 Semarang





Tinggalkan Balasan