Belajar Degree of Comparison dengan Board Race Games

807
Oleh : Dini Asnuning Maharani, S.Pd
Oleh : Dini Asnuning Maharani, S.Pd

RADARSEMARANG.ID, Grammar merupakan salah satu materi bahasa Inggris yang sering dianggap membingungkan. Salah satu diantaranya adalah materi degree of comparison. Materi yang diajarkan di kelas delapan ini merupakan materi yang membahas perbandingan antara dua hal atau lebih.

Pada materi degree of comparison, peserta didik sering kali merasa kebingungan untuk membedakan penggunaan kata sifat yang digunakan. Hal ini dikarenakan adanya dua macam perbandingan. Perbandingan yang pertama disebut dengan comparative degree. Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua hal. Untuk membuat kalimat comparative degree, digunakan penambahan –er atau more pada kata sifatnya. Perbandingan yang kedua disebut superlative degree. Superlative degree digunakan untuk membandingkan banyak hal.

Untuk membuat kalimat superlative digunakan penambahan –est dan most pada kata sifatnya.
Sudah menjadi kebiasaan, jika guru telah menjelaskan materi, peserta didik akan diberi latihan soal. Kebiasaan ini kadang masih membuat siswa merasa belum yakin untuk menyelesaikannya. Untuk itu diperlukan teknik yang membuat siswa tertantang sekaligus bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dari materi yang dipelajari. Di SMP Negeri 8 Salatiga, teknik yang digunakan untuk pengajaran degree of comparison adalah board race games.

Board race games merupakan permainan berkelompok yang memerlukan kekompakan seluruh anggotanya. Pada permainan ini, yang pertama harus dilakukan oleh guru adalah membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Jumlah kelompok dapat disesuaikan dengan jumlah peserta didik. Tapi alangkah lebih baik jika jumlah anggota kelompok lebih dari lima orang.

Setelah dibentuk kelompok, guru menuliskan daftar kata sifat di papan tulis. Lalu semua kelompok beserta anggotanya diminta berdiri berjajar ke belakang. Jika materi yang dibahas terlebih dahulu adalah comparative degree, maka peserta didik yang ada di urutan paling depan harus mengisi kolom comparative –er atau more yang berada di sisi kanan dan kiri kata sifat.

Setiap peserta didik hanya menyelesaikan satu kata sifat saja. Jika peserta didik di urutan pertama telah menyelesaikan pekerjaannya, dia harus berlari menuju urutan paling belakang. Sedangkan peserta didik yang ada di urutan kedua harus mengerjakan soal berikutnya. Hal ini berlangsung secara berulang sampai seluruh kata terselesaikan.

Setelah seluruh kelompok menyelesaikan pekerjaannya, peserta didik diminta untuk kembali ke tempat duduknya. Lalu guru beserta peserta didik akan mengkoreksi bersama hasil pekerjaan seluruh kelompok. Kelompok yang mendapat skor tertinggi dan waktu tercepat akan menjadi pemenangnya. Dan sebagai penyemangat, guru dapat memberi reward bagi pemenangnya.

Dengan menggunakan board race game, peserta didik bisa belajar sekaligus bermain sehingga penyampaian materi dapat lebih mengena. Selain materi degree of comparison, permainan ini juga dapat digunakan untuk materi lain, misalnya materi irregular verb, verb tenses atau conjugation. (slg1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 8 Salatiga





Tinggalkan Balasan