Efektivitas Pembelajaran Sistem Suspensi Menggunakan Instructional Materials

197
Endang Muryati, S.Pd.
Endang Muryati, S.Pd.

Oleh : Endang Muryati, S.Pd.

 

RADARSEMARANG.ID, Belajar adalah suatu proses yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku karena adanya pengalaman. Perubahan perilaku itu dapat berupa bertambahnya pengetahuan, diperolehnya keterampilan dalam berubahnya sikap seseorang yang telah belajar.

Siswa SMK N Karangpucung dalam memenuhi hasil ketuntasan belajar kompetensi  sistem suspensi  siswa kelas XI TBSM 1 memiliki angka 65,75. Angka pencapaian hasil ketuntasan nilai belajar siswa adalah 70,00 maka diperlukan adanya peningkatan agar diperoleh hasil yang maksimal.

Sistem pembelajaran di SMK siswa ditekankan untuk menguasai skill kompetensi atau kemampuan praktek sehingga dihasilkan lulusan yang berkompeten dan didukung adanya sistem pembelajaran yang baik. Penggunaan instructional materials diharapkan siswa dengan mudah menerima pelajaran dan melaksanakan praktik dengan baik.

Instructional materials (paket bahan instruksional) merupakan bahan paket pengajaran yang berupa buku, manual, dan bahan belajar yang lain, baik media cetak maupun non-cetak, lembar-lembar instruksional seperti job sheet, assigment sheet, information sheet dan evalution sheet.

Job sheet  merupakan sebuah lembar kegiatan yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru, dengan berisi langkah-langkah pekerjaan atau tugas beserta spesifikasi pengukuran kompenen sistem suspensi  yang sesuai dengan prosedur dan bertujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri. Menurut (Sukamto 1988:137), assigment sheet adalah bahan ajar berupa lembaran yang digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari kompetensi dan membantu peserta didik untuk mempelajari dan memahami informasi materi. Information sheet berisi informasi yang diketahui oleh anak didik sesuai dengan spesialis kejuruannya. Di dalamnya berisi tentang ilmu pengetahuan yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar, dan ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti lengkap dengan gambar dan keterangan-keterangannya (Sukamto 1988:137). Evalution sheet adalah bahan penilaian yang dipergunakan oleh peserta didik atau pendidik untuk melakukan latihan atau penilaian kemampuan atas pertanyaan dari uji kompetensi tersebut (Sukamto 1988:137). Evalution sheet atau lembar kegiatan siswa berisi lembaran-lembaran berupa tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik sesuai materi yang telah dicapai. Instructional sheet sangat membantu dalam kegiatan belajar di kelas maupun di bengkel dan laboratorium, khususnya untuk pendidikan tekhnologi dan kejuruan.

Penelitian ini menggunakan paket bahan instruksional (instuctional material) hal yang akan dikaji untuk menunjang tercapainya kompetensi sistem suspensi. Suatu model pengembangan sistem instruksional yang sesuai dengan karakteristik pokok yaitu bahwa kegiatan belajar mengajar kejuruan mempunyai orientasi yang tinggi terhadap dunia kerja, dan mengutamakan relevansi antara pengalaman belajar yang real (experimental learning).

 Pembelajaran menggunakan metode instructional materials ternyata sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan memotivasi belajar. Hal ini di buktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang nilainya mencapai di atas KKM. (by2/ton)

Guru Fisika dan Produktif TBSM SMK Negeri Karangpucung Kab. Cilacap