alexametrics

Belajar IPS Menyenangkan via Daring

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Saat ini virus Covid-19 belum juga sirna dari bumi kita, sehingga kegiatan belajar mengajar belum bisa dilaksanakan dengan luring. Sebenarnya banyak sekali kendala bagi siswa ketika harus mengikuti pembelajaran daring. Beberapa siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring, seperti masalah tidak memiliki handphone, kuota habis dan juga masalah penyampaian materi yang kurang menarik karena tidak dilaksanakan secara luring.

Bahkan beberapa siswa lebih asyik menggunakan handphone hanya untuk main game dan yang lainnya. Sebagai guru IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan penulis berusaha semaksimal mungkin agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar walaupun lewat daring. Untuk itu penulis mencari media pembelajaran untuk siswa yang dianggap paling tepat.
Media pembelajaran dimaksudkan sebagai alat dan bahan selain buku teks, yang dapat dipakai untuk menyampaikan informasi dalam suatu situasi belajar mengajar (Wilkinson,1984:5)
Oemar Hamalik (1980:23) menyatakan bahwa media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Baca juga:  Alfamart Semarang Dukung Lomba Kampung Hebat

Dalam situasi saat ini seluruh kegiatan belajar mengajar melalui daring. Daring artinya dalam jaringan berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Tahapan yang penulis lakukan selurus siswa masuk dalam grup WhatsApp dimana guru dan ketua kelas sebagai adminnya. Kemudian penulis menggunakan Google Classroom untuk pengganti kelas. Di sini materi dapat berupa teks, gambar, suara dan juga video. Di dalam grup kelas ini siswa dapat berinteraksi secara langsung kepada guru. Meskipun awalnya ada beberapa siswa yang kesulitan bergabung, tetapi penulis tetap membimbing seperti tutor sebaya.

Setelah semua materi tersampaikan kepada siswa, guru mulai melakukan pengukuran pemahaman kepada siswa dengan melaksanakan tes. Untuk kegiatan ini, guru menggunakan aplikasi Google Form. Bentuk tesnya antara lain pilihan ganda, tes esai jawaban pendek dan tes esai jawaban panjang. Setelah selesai mengerjakan soal , nilai penulis olah dengan menggunakan Google Sheet. Siswa merasa senang dengan menggunakan aplikasi ini, karena tidak perlu menggunakan media kertas dan pensil. Selain itu jari jemari siswa sudah lincah karena sudah terbiasa mengoperasikan handphone.
Bagi siswa yang tidak memiliki handphone, kesulitan membeli kuota atau kendala yang lainnya, pihak sekolah telah mengambil beberapa kebijakan yang membantu siswa. Di sekolah penulis para siswa tetap dipinjami buku paket dan diberikan modul maupun Lembar Kerja Siswa. Dengan media tersebut sangat membantu aktivitas siswa belajar di rumah. Sedangkan hasil karya atau tugas dapat dikumpulkan secara manual kesekolah. Yang pasti kendala apapun yang ada dapat di siasati dengan baik.

Baca juga:  Kolaborasi Orang Tua dan Make a Match Tingkatkan Belajar IPS Masa Pandemi

Dengan langkah-langkah yang telah penulis laksanakan pembelajaran IPS pada materi Ruang dan Interaksi Antarruang pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kajen Kabupaten Pekalongan dapat berjalan lancar. Siswa merasa nyaman dan senang mengikuti pembelajaran via daring. (dj2/lis)

Guru IPS Terpadu SMP N 3 Kajen Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya