alexametrics


Putri Setyawati, Temukan Ketenangan Hati saat Berziarah

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, SEJAK kecil, Putri Setyawati menyukai wisata religi. Ia kerap diajak orangtuanya ziarah ke makam Walisongo yang tersebar di berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Awalnya diajak ke Makam Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Kalijaga. Sejak itulah, ziarah menjadi sangat menyenangkan. Rasanya pengin diulang-ulang terus,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (9/6).

Staf Analis Laboratorium CITO Semarang ini mengatakan, saat SMA dan kuliah, ia juga kerap berziarah. “Sebelum kerja, saya aktif di organisasi keagamaan di SMA, dan kampus. Di situ, saya sering ikut kegiatan-kegiatan ziarah. Jadi, lama-lama ziarah itu menjadi sebuah hobi,” ujar alumnus Biologi UNY ini.

Bagi Putri –panggilan akrabnya– berziarah bagaikan candu. Setiap berziarah, ia dapat merasakan kedamaian, ketenteraman, dan merasa segar kembali setelah seharian bekerja di laboratorium rumah sakit.

“Saat memasuki areal makam para Waliullah itu rasanya adem, beban pikiran sirna begitu saja,” ucapnya.

Saat ini, di sela bekerja, ia selalu meluangkan waktunya untuk wisata religi, terutama saat libur kerja.

“Seringnya sih, ziarah ke makam Mbah KH Sholeh Darat di Kompleks Pemakaman Bergota Semarang. Juga ke makam Mbah Depok (Habib Toha Bin Yahya) Jalan Depok, makam Syekh Keramat Jati (Habib Hasan Bin Yahya) di Jalan Duku Lamper Kidul, dan di makam Syekh Jumadil Kubro Terboyo Kulon. Selain itu, makam KH Masroni di pondok pesantren SGJB Gunung Pati,” akunya.

Tak hanya ziarah kubur, ia juga kerap mengunjungi tempat-tempat bernuansa Islami. Seperti Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Masjid Kauman, dan Masjid Raya Baiturrahman.

Alasan Putri menyukai ziarah, selain mendapatkan ketenangan hati dan ketenteraman jiwa, juga sebagai pengingat bahwa semua orang yang hidup akan mati.

“Dengan ziarah, kita bisa mengingat bahwa semua yang bernyawa akan mati, dan selain itu tabarukan (mengambil keberkahan, Red) ke Wali- Walinya Allah,” ujar gadis 22 tahun ini. (cr5/aro)

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer