Carika Dian Pratiwi, Kuliah sambil Bisnis Kaos

318
Carika Dian Pratiwi. (DOKUMEN PRIBADI)
Carika Dian Pratiwi. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, Berbisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Seperti yang dilakukan oleh Carika Dian Pratiwi. Meski masih kuliah, ia sudah merintis bisnis kaos polos sejak SMA.

“Aku memulai bisnis kaos polos dari SMA kelas 1. Alasannya karena melihat peluang aja. Kalau kita jeli melihat itu, kita bisa memanfaatkan pengikut di Instagram,”katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (8/7).
Rika –sapaan akrabnya—mengaku suka dunia bisnis. Meski kecil-kecilan, asal telaten itu bisa berbuah hasil. Jika ditarik lebih jauh, itu berguna bagi tabungan masa depannya.

“Setelah lihat peluang, dari situ ada keinginan untuk cari penghasilan sendiri. Buat nambah uang jajan dan ngumpulin sedikit demi sedikit,”imbuh Rika.

Mahasiswi Fakultas Hukum Untag Semarang ini mengaku memilih berbisnis kaos polos sebagai pelengkap fashion yang simpel dan tidak ribet. Selain itu, harganya yang relatif murah juga menjadi pertimbangannya.

“Awalnya jadi reseller dulu, terus aku jual lagi. Menurutku, tidak ada salahnya untuk berjualan kaos. Selama itu cocok di semua kalangan. Bisa untuk cewek, cowok, tua muda, dan Alhamdulilahnya banyak yang order. Dulu aku stok 500 pcs beberapa bulan langsung habis,”papar dara kelahiran Kendal ini.

Karena berbisnis sambil kuliah, maka Rika harus pintar membagi waktu. Namun selama pandemi ini, pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga tidak menyita banyak waktu.

Menurut Rika, berbisnis adalah keharusan. Lewat bisnis, dirinya ditempa menjadi pribadi yang mandiri tidak tergantung pada orang tua.

“Bagi generasi milenial, wajib untuk berbisnis. Meski hasilnya tidak terlalu besar, asal telaten. Jika yang masih berkuliah, manajemen waktu sangat penting. Untuk membagi keduanya biar seimbang,” ujar mahasiswi semester dua ini. (avi/aro)
















Tinggalkan Balasan