Miftahul Jannah Dalami Bisnis Lewat Koperasi

480
Miftahul Jannah Puspitasari
Miftahul Jannah Puspitasari. (IST)

RADARSEMARANG.ID, ADALAH Miftahul Jannah Puspitasari, mahasiswi asal Banjarnegara. Dia sangat senang menjadi aktifis di Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Semarang. Sejak bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada 2016 lalu, ia terus menelusuri dunia koperasi.

Mifta -sapaan akrabnya- sejak awal memang ingin terjun di dunia pemasaran ataupun usaha. Namun karena mendaftar di salah satu universitas tidak diterima, ia lantas memilih jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

“Dulu inginnya manajemen pemasaran, tapi mendaftar di salah satu universitas lain, tidak diterima. Akhirnya milih yang ada managemennya. Yang penting enjoy aja,” katanya.

Awalnya, ia hanya anggota biasa, namun ketertarikan ke dunia usaha, mendorongnya untuk menyelami koperasi mahasiswa (Kopma) lebih dalam. Ia menjalani dua kali kepengurusan, tahun 2018 hingga 2019. “Kalau ga bisa kuliah di managemen pemasaran ya gabung di Kopma untuk mendapatkan ilmu dua-duanya,” imbuhnya.

Pemilik hobi menyanyi ini selain tergabung di Kopma juga sempat mengikuti organisasi Bimbingan Ilmu Tilawah Alquran (BITA). Meski hanya aktif selama tiga semester, ia tak hanya menyerap tilawah, namun juga rebana.

Uniknya, di sela kesibukan menjalani kuliah dan aktif di organisasi, ia bekerja membiayai kuliahnya yang sudah tidak di-support oleh orang tuanya. Mifta mengaku setiap semester ia berganti pekerjaan, terkadang menjadi penjaga di minimarket Kopma, mengelola kantin Kopma, kerja di produksi home made risol, dan mengajar les anak-anak.

Dalam membagi waktu untuk kuliah sambil bekerja, ia memanfaatkan waktu di sela-sela jam kuliah. “Menyesuaikan jadwal kuliah. Kalau kerja yang penting bisa menambah penghasilan,” tutur pemilik cita-cita menjadi pengusaha properti ini. (ifa/ida)





Tinggalkan Balasan