Berbagi Ilmu Bisnis

222
Mutia Tsani. (Dokumen Pribadi)
Mutia Tsani. (Dokumen Pribadi)

RADARSEMARANG.ID, Tidak mudah menjalankan suatu usaha. Jatuh bangun bukan suatu hal yang asing di telinga mereka yang menggelutinya. Tidak hanya sekali dua kali, bahkan berkali-kali pernah dialami. Itulah pengalaman Mutia Tsani, pebisnis busana muslim sukses di Kota Semarang.

Mutia -panggilan akrabnya- mengaku butuh kerja keras dan pengorbanan membangun bisnisnya tersebut. Banyaknya persaingan tidak sehat, tren perubahan jual beli online sempat membuat bisnis yang dirintisnya sejak 2014 ini goyah. Namun berkat komitmen dan semangat yang membara, dirinya berhasil melewati segala tantangan. Hasilnya saat ini bisnis tersebut sudah berhasil meraih omzet puluhan juta rupiah.

“Dengan tetap berkomitmen pada kualitas produk, saya mencoba membangkitkan semangat untuk terus berusaha. Alhamdulillah saat ini sudah meneguk sukses dari kerja keras tersebut,” ujar pemilik brand fashion “Aliazara” ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Meskipun sudah sukses, tidak menjadikan alumnus Polines Semarang ini tinggi hati. Ia justru rajin berbagi kiat sukses dengan pegiat usaha lainnya. Ia rutin mengadakan pertemuan dengan rekan bisnisnya guna membahas bagaimana cara bertahan di tengah banyaknya tantangan yang ada di dunia bisnis.

“Saya sering mengadakan workshop dan gathering dengan 200 mitra saya, baik member, distributor, reseller, pelanggan bahkan rekan bisnis lainnya,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, dirinya akan mengajarkan bagaimana cara berbisnis, produksi, pengelolaan manajemen yang baik dan sebagainya. Baginya, dengan berbagi banyak ilmu, dirinya justru merasa semakin bermanfaat. Sebab, ia dapat membantu menaikkan perekonomian orang sekitarnya. Sehingga semakin banyak pula orang yang mendapatkan kesejahteraannya.

“Tidak masalah. Bagi saya dengan berbagi saya bisa bermanfaat. Terutama untuk mengamalkan ilmu yang saya dapat di bangku perkuliahan,” ujarnya yang menempuh pendidikan pada jurusan Administrasi Niaga tersebut.

Ia berpesan kepada siapapun yang memulai bisnis untuk tidak mudah menyerah. Apapun yang terjadi harus kuat dan bisa mengendalikan diri. Tidak lupa konsistensi dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen. Sehingga suatu saat nanti bisnis yang dirintis akan memberikan hasil yang manis.

“Jagalah kualitas produk. Karena di sanalah kunci keberhasilan bertahannya suatu produk pada persaingan bisnis,” pesannya. (akm/aro)

Tinggalkan Balasan