Nadia Amalia Zen Merintis Bisnis dari Hobi

485
Nadia Amalia Zen
Nadia Amalia Zen

RADARSEMARANG.ID, MEMANFAATKAN hobi untuk memulai sebuah usaha merupakan sesuatu yang paling menyenangkan. Begitulah yang saat ini dilakukan oleh Nadia Amalia Zen. Dara cantik itu telah merintis Artcrilik Souvenir sejak 2017.

Nadia begitu ia disapa mengaku, bisa melihat hobinya sebagai peluang untuk mendapatkan uang ketika mengikuti mata kuliah kewirausahaan waktu dulu kuliah semester satu.
“Usaha ini saya rintis sejak awal kuliah, artcrilik berawal dari hobi menggambar dan melukis sejak kecil,” ujar mahasiswi program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) itu.

“Setelah saya ikutkan lomba Creanovative Enterpreneur di Udinus, ternyata banyak yang tertarik dan juga mendapatkan prestasi di ajang tersebut,” sambungnya.
Sebelum memulai usaha, Nadia berjuang keras dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan enterprenuer di beberapa tempat. Target pasar yang ia tuju antara lain perusahaan besar, intansi pemerintahan hingga perhotelan. Ia pun juga telah memanfaat media sosial sebagai sarana untuk berjualan. “Untuk pemasarannya saya lakukan di media sosial,”ujar gadis kelahiran Semarang, 29 Maret 1999.
Saat ini omzet Nadia sudah mencapai sekitar Rp 10 juta rupiah, dengan beberapa klien yang sudah ia terima. Dalam menangani klien harus bisa pandai meyakinkan mereka untuk percaya dengan produk yang ditawarkan tersebut.
“Diperlukan keluwesan dalam menawarkan produk custom, dan harus sesuai dengan apa yang diminta klien. Tak jarang juga kami membuat penawaran kepada klien dalam beberapa pilihan, sebagai bentuk dari pelayanan kami,” tuturnya.
Di usianya yang menginjak usia 20, ia berhasil mengembangkan usaha sekaligus tetap fokus dengan pendidikan. Nadia mengaku tak kesulitan dalam membagi waktu antara pekerjaan dan kuliahnya, karena hal itu sudah menjadi tanggung jawabnya.
“Ilmu dari kuliah di program studi Akuntansi Udinus, saya terapkan untuk mengelola keuangan dan juga manajemen waktu dapat saya terapkan dalam usaha ini,” pungkasnya. (den/bas)