Jadi Laboran, Mega Lakukan Ini

203
Mega Mawarti (IST)
Mega Mawarti (IST)

RADARSEMARANG.ID, BAGI Mega Mawarti, bergelut di dunia laboratorium sangat menyenangkan, meskipun harus pintar membagai waktu. Mega –begitu ia disapa– merupakan mahasiswi Rekam Medis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus ) Semarang. Di sela kesibukannya, ia juga berprofesi sebagai laboran di Fakultas Kesehatan (Fkes) Udinus.

“Tugas saya adalah mempersiapkan dan merawat peralatan yang ada di laboratorium. Juga mendampingi dosen ketika ada praktik perkuliahan,” kata Mega kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Walaupun masih kuliah, keputusannya untuk menjadi laboran di Udinus bukanlah tanpa alasan. Ia tidak ingin masa kuliahnya terbuang begitu saja dengan berkuliah dan mengerjakan tugas.

“Saya ingin memberikan semangat kepada mahasiswa lain agar bisa menjadi ahli di bidang rekam medis. Ini menjadi salah satu motivasi saya menjadi seorang laboran, terutama pada masalah koding menggunakan komputer,” ujar gadis  kelahiran 10 Januari 1996 ini.

Mega mengaku, sebagai laboran, ia menyediakan kebutuhan praktikum, menjadi asisten dosen, hingga mengarahkan asisten mahasiswa yang magang di laboran. Motivasinya adalah terus belajar untuk mencari pengalaman baru.

“Dulu saya kira masuk ke rekam medis adalah sebuah kesalahan. Namun setelah ditekuni, ternyata asyik dan menantang. Terutama saat koding,” tuturnya.

Menurutnya, jurusan rekam medis memiliki prospek ke depan yang cerah untuk mendapatkan pekerjaan. Jurusan ini sendiri masih jarang ditemui atau jarang ada di universitas lain di Jateng. “Menurut saya prospeknya cerah, karena jurusan ini jarang yang punya, namun permintaan lulusannya cukup banyak,” ucapnya. (den/aro)