Suka Olahraga Ekstrem

262
Agnes Indah Swandayani. (DOKUMEN PRIBADI)
Agnes Indah Swandayani. (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, Meski pernah cidera tangan saat latihan, tidak membuat kapok Agnes, sapaan akrabnya. Pemilik nama lengkap Agnes Indah Swandayani ini pada dasarnya memang menyukai segala olahraga ekstrem. Meski harus berisiko cidera seperti yang pernah dirasakannya tersebut.

Bagi wanita, fighting, boxing, muay thai merupakan olahraga yang ekstrem. Karenanya, tidak banyak dari kaum hawa yang mendalami olahraga itu. Namun bagi Marcomm Coordinator Harris Hotel Sentraland Semarang ini, olahraga tersebut justru dibilang menyenangkan.

“Membuat tubuh kita lebih bugar,” ujar Agnes kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kecintaannya terhadap olahraga tersebut berawal pada 2009 lalu. Kala itu, dirinya tengah melintas di Jalan MT Haryono Semarang dan melihat ada tempat latihan boxing. Karena penasaran, ia pun mencoba masuk dan ternyata di dalamnya ada beberapa perempuan yang tengah berlatih boxing. “Penasaran kemudian besoknya saya ikut karena tertarik,” tuturnya.

Saat latihan awal, jarinya terkilir. Karena penggunaan hand wrap yang kurang pas. Bukannya kapok, dirinya justru semakin tertantang. Tidak hanya boxing, kemudian ia mulai mendalami muay thai dan fighting. Namun memang ia mendalami olahraga ekstrem tersebut bukan untuk lifestyle.

Terlebih untuk memperkuat pertahanan diri. Menurutnya, olahraga tersebut perlu dicoba untuk para kaum hawa. Khususnya, untuk pertahanan diri. Namun memang olahraga ekstrem tersebut kini sudah menjadi tren di beberapa kalangan kaum hawa.

Dikarenakan banyak public figure yang melakukannya, sehingga masyarakat kemudian meniru. “Menurut saya cewek bisa boxing itu keren. Mau tidak mau kita juga belajar pertahanan diri,” katanya.

Sampai sekarang, ia juga melatih boxing dan muay thai khusus untuk kaum hawa. Terkait dengan cara membagi waktu, hal itu bukan halangan. Setiap Senin sampai Jumat, dirinya bekerja, dan Sabtu Minggu dirinya libur.

Di saat libur itulah ia menghabiskan waktu untuk berlatih olahraga ekstrem tersebut. Bahkan karena hobinya itu, ia sempat lolos casting dan memiliki peran dalam film indie Save a Dagger. Di dalam film berdurasi pendek tersebut dirinya beradu akting dengan aktris ibukota, seperti aktor Ridho Ilahi, Ricky Perdana, dan Soraya Rasyid.

Ia mengaku jika kecanduan olahraga sejak duduk di bangku SMP. “Namun lebih saya sukai olahraga yang berbau ekstrem. Karena banyak tantangannya, meski dinilai bahaya bagi kaum hawa,” tuturnya. (ewb/aro)