Jaga Kebersihan Hindari Virus Korona

Khawatir Berlebihan, Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

91
Muntoha, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kendal (BUDI SETIAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Muntoha, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kendal (BUDI SETIAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, Maraknya virus covid-19, juga merambah Kendal. Saat ini sudah ada tiga orang yang dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Lalu bagaimana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal mengantisipasinya. Berikut bincang-bincang wartawan Jawa Pos Radar Semarang Budi Setiawan dengan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kendal Muntoha.

Bagaimana penularan virus korona dan gejalanya?
Virus korona dapat menular melalui kontak langsung dengan penderitanya. Yakni tertular dengan menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita. Atau cara penularan terbanyak adalah kurangnya menjaga kebersihan. Seseorang bisa tertular jika memegang mulut, hidung, mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh atau memegang benda yang terkena air liur atau cairan hidung dari bersin penderita covid-19.
Biasanya yang tertular, gejalanya akan mengalami flu. Ini pertanda bahwa virus tersebut telah masuk ke tubuh. Tapi tidak hanya itu, gejalanya berlanjut dengan infeksi pernafasan. Seperti sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Bagaimana agar tidak tertular virus korona?
Sampai saat ini belum ditemukan obat penangkal virus korona. Jika melihat cara penularannya, maka meminimalisasinya dengan menjaga kebersihan diri dan keluarga serta lingkungan. Selain itu, hindari aktivitas dengan kerumunan massa, atau menjaga jarak saat bergumul dengan orang-orang.

Kebersihan yang efektif menangkal virus korona seperti apa?
Sederhana sebenarnya, mulai dari mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Cuci tangan ini dilakukan sesering mungkin, terutama sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Terutama jika bersinggungan dengan orang lain dan menyentuh benda-benda dari luar. Saat cuci tangan, pastikan dengan air mengalir dan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih. Termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Atau cara lain adalah menggunakan hand sanitizer.

Bagaimana cara masyarakat menyikapi penularan virus korona ini?
Tidak perlu khawatir dan takut berlebihan sampai panik. Sebab khawatir berlebihan justru akan melemahkan sistem kekebalan. Selain jaga kebersihan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Yakni dengan olahraga secukupnya, perbanyak makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, hindari jajan atau makan sembarangan. Lebih efektif masak sendiri atau membawa bekal makanan dari rumah. Pastikan makanan yang kita makan bersih dan telah dimasak secara matang. (*/ida)

Tinggalkan Balasan