alexametrics


Tak Ada Resep Khusus, Sop Janda Ungaran Andalkan Rempah-Rempah

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID – Bagi pecinta daging sapi wajib banget mencoba Sop Janda Ungaran. Tepatnya di ruko Pujasera Jalan Kuncen, Ungaran Barat. Janda yang dimaksud bukan status, tapi singkatan. Jawa Sunda.

Ya, menu ini memadukan rasa kedua daerah itu menjadi satu makan. Jawa yang sangat akrab dengan manisnya, dan Sunda pedas asinnya.

Ika Gosrini, sang empu warung makan mengaku, sudah lima tahun mengembangkan usaha kuliner ini. Butuh proses dan waktu yang pas untuk menghasilkan daging yang empuk. Untuk daging iga sendiri butuh waktu tiga jam untuk mengolahnya.“Kalau kurang dari tiga jam dagingnya masih alot,” katanya saat ditemui di kedainya.

Benar saja, ketika wartawan koran ini mencoba menyantap daging iga dari sop janda, langsung lepas dari tulangnya. Kuah sopnya segar dengan komposisi rasa yang pas.

Ika mengaku tidak memiliki resep rahasia. Ia hanya mengandalkan rempah-rempah yang ada di Jawa.  Sehari Ika butuh minimal 20 kilogram daging sapi untuk diolah. Belum kalau ada pesanan.”Berani di rempah-rempahnya. Saya pakai tulang iga dan dicampur bagian pungung. Sehari 50 sampai 75 mangkok,” katanya.

Sop Janda ini dibandrol dengan harga Rp 30 ribu per mangkok. Di dalam mangkok ada tiga hingga empat irisan daging berserta tulang dengan ukuran lumayan besar. Tomat untuk rasa kecut segar, bawang goreng, dan irisan daun bawang.

Kuah yang disiramkan pun kuah murni kaldu daging sapi. Terasa sedikit merica, tapi tidak mendominasi. Karena tidak semua pecinta pedas, rasa pedas dari Sop Janda dipisah. Jadi yang anti pedes tetap bisa menikmati.

“Bawa uang Rp 50 ribu makan mewah kenyang. SOP Janda, nasi, dan minum. Janda itu ya khasnya asin manis pedas. Tapi nggak semua suka pedas jadi pedasnya dipisah kami ulengkan cabai rawit setan yang disiram air kaldu,” katanya sambil tertawa.

Kedai ini buka setiap hari. Buka dari pukul 11.00 hingga 19.00. Diakuinya nama unik tersebut membuat banyak orang yang penasaran. Setelah mencoba pun tak jarang orang kembali lagi untuk menyantap.

Sop Janda ini memang cocok untuk menu makan siang maupun makan malam. Sambil ditemani nasi putih hangat dan kerupuk. Tidak hanya Sop Janda, menu olahan daging lainnya pun juga ada. Seperti ayam lada hitam, Sop ayam, ayam geprek dan berbagai sayuran. Jika ingin menyantap ketika makan siang, harus bersiap antre. Karena mereka tidak hanya melayani offline, tapi online juga. Ketika datang jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan. (ria/zal)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer