alexametrics


Kejaksaan Negeri Kabupaten Temanggung Terus Berbakti untuk Negeri

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun ini, Kejaksaan Negeri Temanggung turut berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19. Yakni dengan vaksinasi terhadap warga Desa Guntur, Kecamatan Temanggung Jumat (16/7/2021). Total 100 dosis vaksin diberikan kepada manula yang masuk dalam kategori rentan. Kejari juga melakukan bansos dengan memberikan 115 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak dan memberikan tali asih untuk para purnawirawan.

Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung Sunanto mengatakan, vaksinasi tersebut sebagai upaya melindungi diri agar lebih kebal terhadap virus. “Besar harapan kami semakin banyak divaksin tentu orang mempunyai kekebalan. Sehingga akan aman dari penyakit covid,” tuturnya.

Selain aktif dalam kegiatan sosial, Kejari Temanggung juga terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat. Kajari Sunanto mengatakan, sampai Juli ini, pihaknya telah menangani 68 perkara. Dari seluruh perkara tersebut, kata Sunanto, yang paling menarik adalah pembunuhan terhadap anak yang dilakukan oleh orangtuanya dibantu dukun dan asistennya (kasus Bejen).

“Saya rasa itu yang paling menarik. Selain itu beberapa perkara pembunuhan bayi dan narkotika,” katanya.

Dalam menangani kasus tilang, Kejari Temanggung juga sudah menggunakan aplikasi e-tilang. Dengan e-tilang, proses pembayaran denda tilang jauh lebih mudah sehingga tidak perlu menghadiri sidang penilangan. Hasil MoU-nya bisa langsung dikirim via Kantor Pos.

Sementara itu, Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Temanggung secara proaktif turut dalam operasi dan giat penegakan PPKM darurat. Yakni dengan rutin melakukan pemantauan ketersediaan obat-obatan dan oksigen. Melakukan sosialisasi ke pabrik-pabrik dan pengawasan terhadap pedagang kaki lima serta warung makan agar selalu mematuhi ketentuan yang berlaku dalam PPKM darurat.

“Kami juga selalu terlibat dalam melakukan pengamanan malam bersama dengan TNI, Polri dan unsur terkait lainnya. Setiap malam, minimal kita mengerahkan 3 personel untuk operasi penegakan PPKM darurat tersebut. Yakni kasi dan 2 orang anggota,” terangnya.

Sedangkan Seksi Tindak Pidana Khusus (Pinsus), bisa mengembalikan keuangan terkait kasus BKK Pringsurat senilai Rp 750 juta pada tahun ini. Juga memunculkan terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan meluncurkan aplikasi e-Arsip.

“Jika dulunya arsip-arsip banyak yang berceceran, sekarang sudah bisa dilakukan secara rapi dan tersistem dengan membuka e-Arsip melalui web. Jadi sudah kelihatan arsip ini disimpan di mana, lengkap atau tidak,” tandasnya.

“Dan yang cukup menggembirakan, saya terima kasih juga kepada Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) sudah melakukan pemulihan uang negara di tahun 2021 senilai Rp 8,8 miliar. Termasuk pendampingan-pendampingan yang dilakukan Datun kepada pemerintah daerah,” tutur Sunanto.

Pihaknya berharap Kasi Datun Rr. Putri Ayu Priamsari bisa meningkatkan prestasinya. “Sehingga syukur-syukur bisa mencapai Rp 10 miliar. Ini harapan kita. Dan Kasi Intel mudah-mudahan bisa meningkatkan kinerjanya, dapat menaikkan perkaranya. Ke depan harapan kami bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah mengamankan pembangunan daerah di Kabupaten Temanggung,” pungkasnya. (nan/adv/lis)

 

Terbaru

Fadia Baca Semua Aduan Warga

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Bentuk Jaringan Kerja Bantu Warga Isoman

Beri Dukungan sekaligus Serap Masalah PKL

Populer

Lainnya