alexametrics


Paguyuban Club Sepeda Semarang, Gocapan Bikin Semangat

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID – Paguyuban Club Sepeda (PCS), merupakan wadah pecinta gowes dari beberapa komunitas. Anggotanya dari berbagai kalangan dan usia. Salah satu agenda andalannya adalah Gocapan.

Ya, gocapan adalah istilah yang kerap dipakai PCS saat gowes Minggu pagi. Kependekan dari gowes cari sarapan. “Ini yang membuat teman-teman jadi semangat,” ujar Leonardus Minarta. Ketua PCS Semarang.

Terbentuk awal tahun 2006. PCS tidak memandang jenis sepeda bagi yang ingin bergabung. Semua boleh bergabung di PCS.

Anggota PCS sendiri ada 101, terdiri dari 30 klub. Anggotanya didominasi lansia. Usia 50 hingga 75 tahun. “Sebetulnya ada usia muda, tapi tidak betah. Baru sebentar ikut sudah bosen,” ujarnya.

PCS juga memanfaatkan kegiatan gowes untuk mengenal alam. Tak heran, rute yang dipilih kerap menyuguhkan keindahan alam. “Bersepeda itu dapat meningkatkan endorfin di dalam tubuh. Menghilangkan stres. Badannya sehat pikirannya ikut sehat. Kami memang lebih sering ke nuasa alam,” ujarnya.

Komunitas yang juga melahirkan banyak atlet sepeda ini, selalu rutin menggelar aksi bakti sosial, sepeda bersama keluarga, hingga turing. Dalam satu tahun 25 kali PCS turing. Rutenya variatif.  Pernah ke Ungaran, Borobudur, hingga Denpasar.

“Idealnya 20 km. Itu untuk pemula. Jangan cari trek yang naik. Landai aja. Kalau sudah proplayer 40 km sampai pindah kota pun saya rasa tidak masalah,” saran pria 67 tahun ini.

Menurut Leo, dengan rutin gowes dan berkegiatan, kebersamaan tim akan terbangun dan semakin kuat. (ria/zal)

 

Terbaru

Populer

Lainnya