Sabtu, 21 Jul 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Pemkab Demak Kenalkan Sistem Inovasi Daerah

Jumat, 13 Apr 2018 18:54 | editor : M Rizal Kurniawan

INOVATIF : Workshop sistem inovasi daerah diruang Bina Praja, kemarin.

INOVATIF : Workshop sistem inovasi daerah diruang Bina Praja, kemarin. (wahib pribadi/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.ID - Pemkab Demak terus melakukan berbagai inovasi kinerja dalam pembangunan. Untuk penguatan inovasi ini, telah dikenalkan sistem inovasi daerah (SIDa).  Hal ini mengemuka dalam workshop penyusunan roadmap pilar tematik sistem tersebut di ruang Bina Praja, kemarin.

Kepala Bidang Litbang Bappeda Jateng, Tri Yuni Atmojo menyampaikan, bahwa SIDa adalah sesuatu yang baru. “Masih belum banyak yang menyusun sistem tersebut,”katanya. Menurutnya, ada tiga pilar implementasi SIDa di Jateng. Yakni, kabupaten/kota inovasi, desa/kelurahan inovasi dan klaster unggulan berbasis tekhnologi.

“Tanpa ada inovasi, maka akan sulit mengembangkan program pemerintah,”katanya.  Karena itu, kata dia, perlu disusun pilar atau terobosan apa saja yang perlu dilakukan Kabupaten Demak. “Roadmap bisa tersusun setidaknya 5 tahun,” katanya.

Sekda Pemkab Demak, dr Singgih Setyono MMR mengatakan, ada dua hal dalam mempertahankan hidup. Yakni adaptasi dan inovasi. Menurutnya, inovasi adalah kegiatan atau proses pembaharuan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Hasil kreatifitas penciptaan ide baru dapat dikatakan inovatif apabila belum diimplementasikan dan memiliki nilai manfaat.

“Nah, penataan unsur SIDa ini diantaranya soal kelembagaan, jaringan dan sumberdaya. Sedangkan, roadmap penguatan SIDa di Demak adalah melihat dari kondisi SIDa saat ini, tantangan dan peluangnya seperti apa. Karena itu, butuh arah kebijakan dan strategi yang akan dicapai untuk penguatan SIDa. Selain itu, perlu program dan rencana aksi penguatan tersebut,” ujarnya.

(sm/hib/zal/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia