Jumat, 20 Jul 2018
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

Wujudkan Kendal Mandiri, Harus Direncanakan Sejak Sekarang

Prapto Utono : Evaluasi OPD Melalui LKPJ

Senin, 19 Mar 2018 20:43 | editor : Ida Nor Layla

Ketua DPRD Kendal memberikan kenang-kenangan kepada Rektor Universitas Semarang (USM) Andy Krisdasusila.

KENANG-KENANGAN: Ketua DPRD Kendal memberikan kenang-kenangan kepada Rektor Universitas Semarang (USM) Andy Krisdasusila. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, KENDAL-Ekonomi kerakyatan harus diperkuat untuk menyejahterakan masyarakat Kendal. Dengan begitu, tujuan Kendal Mandiri 2019 nanti bisa terlaksana dengan baik.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utono dalam Workshop Pimpinan dan Anggota DPRD Kendal menyatakan untuk mewujudkan tujuan Kendal Mandiri tersebut, maka harus sudah mulai direncanakan sejak sekarang. Dengan begitu, tahun 2019 mendatang, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah memahami betul progam kerjanya.

“Makanya butuh sinergitas penyelenggara Negara, dalam hal ini Pimpinan Daerah yakni Bupati Kendal dibantu OPD dan seluruh Anggota DPRD Kendal yang ada sesuai komisi dan bidangnya masing-masing untuk mengawal jalannya roda Pemerintahan,” Kata Prapto Utono, kemarin. 

Dalam workshop bertajuk Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD dalam pelaksanaan Mekanisme Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah, Prapto menekankan agar ada evaluasi dari kinerja OPD di Kendal. “Jadi mana yang berhasil dan mana yang kurang berhasil. Dicocokkan dengan tolok ukur kinerja,” tandasnya. 

Dari penilian itu, bisa dijadikan dasar untuk kepala daerah melakukan evaluasi. “Sehingga tidak hanya berdasar pada like or dislike saja,” tandasnya.

Salah satu acuan penilian, menurutnya, bisa dilihat dari laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Kendal. Dimana memuat secara keseluruhan capaian kinerja dari masing-masing OPD.

Workshop dibuka Rektor Universitas Semarang (USM) Andy Krisdasusila. Dengan narasumber, Ismail Amir Konsultan Fitra dan Hari Nur Cahya Murni dari Kemendagri. Selain pimpinan dan anggota dewan, juga dihadiri eksekutif, seperti Sekda Kendal, Moh Toha. Kegiatan digelar hingga 20 Maret 2018. 

"Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar MoU antara Universitas Semarang (USM) yang dilaksanakan oleh pusat pengembangan sumber daya manusia Universitas Semarang (PPSDM-USM) dengan Sekertariat DPRD Kendal dan sesuia rekomendasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri RI," kata Rektor Andy.

Andy menerangkan dari LKPJ nantinya Anggota DPRD Kendal bisa memberikan rekomendasi tentu berdasarkan data yang ada. Rekomendasi ini bisa jadi acuan Kepala Daerah untuk mengevaluasi OPD. “Mana kepala OPD yang harus dipertahankan dan mana yg harus dimutasi. Hal ini semata-mata untuk perbaikan kinerja. Sehingga visi missi Bupati bisa tercapai,” jelasnya.

Ia berharap evaluasi LKPJ bisa menghasilkan hal-hal yang luar biasa pembangunan di Kendal, insfrasturtur menjadi penting. “Saya yakin Kendal dengan adanya pertumbuhan-pertumbuhan untuk bisa menangkap peluang-peluang Investasi di Kendal,” tandasnya.

(sm/bud/ida/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia