Sabtu, 21 Jul 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Sinergitas TNI-Polri, Lepas 1.000 Merpati

Senin, 19 Mar 2018 16:45 | editor : Ida Nor Layla

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji, Dandim 0733/BS Semarang, Kolonel Inf M Taufiq Zega serta anggota TNI-Polri saat melepas 1.000 merpa

KOMPAK: Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji, Dandim 0733/BS Semarang, Kolonel Inf M Taufiq Zega serta anggota TNI-Polri saat melepas 1.000 merpati, Jumat (16/3/2018). (AFIATI TSALITSATI / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Sebanyak 1.000 ekor burung merpati dilepas sebagai simbol kerekatan TNI-Polri. Hal itu dilakukan di sela olahraga bersama di Lapangan Pratissara Wirya, kompleks Mapolrestabes Semarang, Jumat (16/3/2018).

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji mengatakan, pelepasan burung tersebut memiliki makna kemanapun burung itu terbang, maka akan selalu bersama dan bergandengan tangan. “Burung tadi saya ibaratkan TNI dan Polri. Kemanapun mereka terbang dan di manapun berada, maka akan selalu bersama,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain itu, kegiatan olahraga bersama TNI-Polri ini bertujuan untuk menggugah kembali tentang wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, serta  kerukunan nasional. “Yang mana ada 4 pondasi kuat, saya istilahkan dengan PBNU, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945,” bebernya.

Kendati dalam UUD 1945 disebutkan bahwa TNI-Polri  sudah berpisah, namun pihaknya selalu menggelorakan bahwa dua institusi ini akan selalu memiliki ikatan saudara kandung. Hal ini berpengaruh besar pada kerukunan dan keberhasilan ketahanan nasional.

Abi menegaskan, jika kedua belah pihak dapat menjaga kebersamaan, kerukunan dan kekompakan, maka akan terwujud Indonesia yang aman, tertib, adil, dan makmur. “Keutuhan negara, ketahanan nasional akan terjaga dengan baik, dan ini tidak bisa lepas dari peran TNI-Polri yang solid,” terang pria kelahiran Surakarta ini.

Sinergitas TNI Polri, lanjut Abi, juga terkait dalam pengamanan Pilgub Jateng 2018. Jika TNI dan Polri dapat menjaga soliditasnya, maka keamanan dan keberhasilan Pilgub Jateng 2018 akan berjalan lancar. “Jangan pernah TNI-Polri ini bisa diadu domba. Karena jika sampai berhasil diadu domba, maka yang menciptakan itu akan tepuk tangan kegirangan,” tegasnya.

Olahraga Bersama dengan mengangkat Tema "Pilkada Damai Harga Mati" itu diikuti kurang lebih 300 peserta dari prajurit TNI dan anggota Polrestabes Semarang.  Tampak Hadir Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Komandan Lanal) Semarang Lantamal V Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas, Dandim 0733/BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega, Danlanumad Ahmad Yani Semarang, Dandenpom 05/ lV Dip Semarang, serta Dan KRI Pulau Raas 722 dan KRI Teluk Sangkurilang 542.

Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas menyatakan, seluruh prajurit Lanal Semarang siap mendukung dan membantu menciptakan situasi Kondusif saat pelaksanaan Pilgub Jateng.  Selain senam bersama, kegiatan olah raga bersama juga diisi dengan lomba tarik tambang dan balap bakiak, yang masing-masing regu beranggotakan campuran antara TNI dan Polri. 

(sm/tsa/ida/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia