Minggu, 22 Jul 2018
radarsemarang
icon featured
Ekonomi

MV 2 Triumph Sandar Perdana di Pelabuhan Tanjung Emas

Sabtu, 14 Oct 2017 14:29 | editor : Ida Nor Layla

MV Mercury Triumph sandar perdana di Dermaga Samudera 02 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah pada Rabu  (11/10) kemarin.

BONGKAR MUATAN : MV Mercury Triumph, kapal berbendera Panama dengan berat 9680 Gross Tone (GT) dan panjang (LOA) 120 meter ini sandar perdana di Dermaga Samudera 02 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (11/10) kemarin. (ISTIMEWA)

MV Mercury Triumph, kapal berbendera Panama dengan berat 9680 Gross Tone (GT) dan panjang (LOA) 120 meter ini sandar perdana di Dermaga Samudera 02 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah pada Rabu  (11/10) kemarin. Sebanyak 136 pcs heavy cargo dengan total muatan 5.612,462 m3 berasal China dan Taiwan.

“Bongkar heavy cargo yang berlangsung sejak Rabu lalu membutuhkan waktu 3 hari dengan kinerja mencapai 316,47 ton per jam,” ungkap Manager Operasi Pelabuhan Tanjung Emas, Karyo Raharjo.

Berbeda dari biasanya, heavy cargo dibongkar menggunakan sistem ship to ship ke kapal tongkang yang mana muatan akan dikirim ke lokasi proyek PLTU di Batang.

Selain itu, Karyo menambahkan bahwa kedalaman kolam di Dermaga Samudera Pelabuhan Tanjung Emas telah memenuhi standart untuk melayani kapal-kapal internasional. “Kedalaman kolam Pelabuhan Tanjung Emas mencapai -10 lws dengan panjang dermaga 575 meter sehingga kapal international dapat dengan mudah sandar disini,” ungkapnya.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas, Ardhy Wahyu Basuki mengungkapkan bahwa walaupun bongkar heavy cargo memang belum menjadi komoditas utama, namun bongkar heavy cargo untuk proyek PLTU Batang di Pelabuhan Tanjung Emas ini akan berjalan sampai dengan 3 tahun ke depan. 

“Sejauh ini komoditas utama yang dibongkar di Pelabuhan Tanjung Emas masih didominasi oleh curah kering yaitu batubara. Tercatat sepanjang tahun 2017, bongkar batu bara di Pelabuhan Tanjung Emas sebanyak 894.890 ton,” jelasnya. 

(sm/ida/ida/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia