alexametrics

Minimalis tapi Penuhi Faktor Estetika

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Desain kamar dan kamar mandi akan mempengaruhi mood penggunanya. Konsep minimalis dengan fungsi penuh menjadi salah satu pilihan favorit.

Tegar Aditiya, pelaku desain interior yang akrab dengan konsep minimalis menceritakan pengalamannya  mendesain kamar dan kamar mandi minimalis. Minimalis menurutnya merupakan konsep dari interior design, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu faktor estetika, faktor fungsi dan faktor ekonomis.

“Faktor estetika itu bagaimana konsep desain itu sendiri (minimalis) dapat terlihat enak dipandang meski desainnya sederhana,” ujarnya.

Faktor fungsi juga penting bagi pengguna kamar tersebut. Tentu dengan memperhatikan letak furniture dan furnishing yang sesuai dengan kebutuhan serta fungsi ergonomis. Terakhir adalah faktor ekonomis. Faktor ini menentukan jenis furniture dan furnishing yang akan diterapkan pada konsep ruangan minimalis itu sendiri. Jika faktor ekonomis ini terkendala bisa juga diatasi dengan cara memilih furniture DIY (Do it Yourself) atau bisa saja furniture custom sesuai kebutuhan.

Baca juga:  Sistem Perangkat Elektronik di Rumah Bisa Diatur lewat Smartphone

Untuk kamar mandi, ia menerapkan konsep minimalis semi terbuka dengan meletakkan taman dalam bangunan (inner court yard) yang berdekatan dengan kamar mandi. Namun tetap ada pembatas berupa teralis metal berbahan pipa hollow alumunium. “Bahan pipa hollow alumunium ini dipilih karena tahan terhadap air dan cuaca serta tidak membutuhkan maintenance yang mahal, bahan ini pun tergolong ekonomis,” ucap pria 21 tahun ini.

Kesulitannya ada pada penempatan posisi closet, karena client menginginkan closet yang terbuka namun privasi tetap terjaga. “Nah solusinya pada saat itu, interior kamar mandi dibuat semi terbuka, berdekatan dengan taman di dalam bangunan, sehingga privasi tetap terjaga dan permintaan client juga terpenuhi,” tutur pria yang sudah tiga tahun menggeluti desain interior ini.

Baca juga:  Rak Pot Bunga Solusi Rapikan Tanaman

Menurutnya, keunikan desain terletak pada penempatan dan pemilihan furniture dan furnishing yang dipakai untuk membuat suasana kamar dan kamar mandi sesuai konsep minimalis yang terkesan simpel, sederhana namun tetap bernilai estetis. Jika ingin mendesain ruangan dengan konsep minimalis, konsumen menentukan budget sendiri sesuai selera konsumen lalu 10-20 persen dari total anggaran client untuk desainer. (mg7/mg8/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya