alexametrics

Usung Konsep Tropical Mediterania

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kolam renang pribadi tak sekadar untuk berolahraga. Tetapi juga menambah estetika hunian. Sekaligus menaikkan nilai jual. Maka, kolam renang pun didesain sedemikian rupa agar suasana menjadi indah dan nyaman.

Membuat rumah lebih indah menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika memiliki lahan yang cukup luas. Kolam renang bisa dijadikan alternatif untuk membuat halaman belakang rumah menjadi lebih indah.

Irma Susanti, pengusaha bidang fashion, mendekorasi ulang kediamannya yang terletak di daerah Muntal, Mangunsari, Gunungpati menjadi lebih asri, dan indah.

Irma begitu ia disapa, membuat kolam renang dengan panjang 7 m x 3 m. Konsep yang diusung adalah tropical mediterania, sesuai letak geografis kediamannya di daerah tropis. Agar konsep yang diusung lebih kental, di pinggiran kolam ditanam beberapa pohon jenis palem.

Baca juga:  Karena Klasik adalah Kemewahan nan Abadi

“Konsep yang diusung adalah tropical mediterania, jadi mirip kolam renang di pinggir pantai,” kata Irma kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Palem, lanjut Irma, tidak hanya memiliki fungsi sebagai tanaman peneduh. Namun juga sebagai pelengkap estetika kolam renang yang ada di belakang rumah. Untuk sirkulasi air, menggunakan sistem over flow, sehingga menimbulkan suara gemericik selaras dengan alam.”Sengaja menggunakan sistem over flow, sehingga ada suara gemericik air,” tambahnya.

Untuk sistem filtrasi, luapan air dengan sistem over flow ini, langsung masuk ke media filter yang ada di samping kolam. Agar air tetap jernih, ia menggunakan pasir silica. “Setelah air disaring, kemudian kembali masuk ke kolam dengan dipompa mesin yang ada di media filter,” paparnya.

Baca juga:  Rak Pot Bunga Solusi Rapikan Tanaman

Keseimbangan alam diangkat Irma untuk kolam renang pribadinya ini. Yakni dengan membuat motif yin-yang di dasar kolam.  “Harapannya setelah berenang, keseimbangan bisa muncul. Karena konsep dasarnya memang selaras dengan alam,” imbuhnya.

Untuk membuat kolam impiannya ini tidak murah. Irma mengaku menggontorkan uang Rp 150 juta lebih, termasuk untuk desain, tanaman, filtrasi dan mesin pompa. (den/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya