Plafon PVC Munculkan Kesan Elegan

379
Varian motif plafon PVC tampak elegan. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID – Bahan plafon yang tepat mampu membuat rumah terlihat elegan. Ada berbagai jenis plafon, di antaranya yaitu gypsum, triplek, serat fiber semen hingga PVC. Meski berbahan baku pipa, plafon berbahan PVC saat ini paling diminati.

Metode ini mungkin terdengar asing, sebab penggunaan plafon PVC baru sebatas pada gedung-gedung mewah, hotel, restoran, dan apartemen. Masyarakat umum biasanya sekadar memakai plafon berbahan dasar gypsum atau triplek. Namun sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan plafon PVC untuk menghias langit-langit rumah. Salah satunya adalah Fuadi.

Berbagai varian motif dan warna PVC bisa menjadi pilihan agar tidak membosankan. Seperti motif kayu dengan flat doff rose wood, flat dove walnut rose dan flat gloss brown wood grain. Sementara untuk motif garis berupa hologram wood, hologram line, silver hybrid dan red peach hybrid. Jika ingin terkesan elegan dan mewah, bisa menggunakan warna emas dan perak.

“Dan nggak perlu dicat lagi seperti jenis bahan plafon lain,” katanya pada Jawa Pos Radar Semarang.

Plafon PVC memiliki kelebihan tersendiri, bahan berkualitas tapi ringan, antirayap, tahan air, tahan api. “Selain itu juga kuat dan tidak mudah pecah, dan yang pasti awet bertahan puluhan tahun. Perawatannya pun mudah,” terangnya.

Pemasangannya pun cukup efisien. Jika plafon gypsum memakan waktu 2-3 hari, jenis PVC bisa dikerjakan dalam sehari. “Kalau plafon gypsum bahannya lebih terjangkau, cost biaya lebih mahal. Tapi bahan PVC lebih mahal, tapi cost pekerjaan lebih murah,” jelasnya.

Sayangnya, karena bentuknya lentur, bahan plafon PVC sisa jarang bisa digunakan, karena tidak bisa disambung. Sehingga perlu perhitungan yang matang saat pengukuran bahan. (ifa/zal/bas)