Atur Letak Perabotan dan Pilih Warna Cerah

Tips Bikin Rumah Minimalis Terlihat Luas

Pemilihan warna cerah, serta penggunakan furniture yang sederhana membuat rumah atau ruangan terkesan lebih luas.

RADARSEMARANG.ID – Rumah minimalis akan menjadi lebih manis dan tidak sempit ketika penataan perabot dilakukan secara tepat.

Misalnya rumah subsidi dari pemerintah, rumah ini biasanya hanya memiliki ruang tamu, dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Biasanya luas tanah pun hanya sekitar 6 x 10 meter persegi saja. Sehingga terkesan kecil dan sempit.

“Biar tidak kelihatan sempit, tata letak perabotan harus diatur termasuk ukurannya. Bisa menggunakan rak cabinet karena tidak memakan banyak ruang,” kata Ketua Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional  (Apernas) Jateng Eko Purwanto.

Pria yang juga mengembangkan perumahan Bancar Residence ini menjelaskan, selain tata letak barang, pemilihan warna rumah juga berpengaruh dalam membangun kesan.

Idealnya agar bisa terlihat luas, pemilik rumah harus menggunakan warna cerah yang dominan. “Bisa juga disiasati dengan warna atau motif gelap sebagai point of view, agar tidak perlu menggunakan banyak ornamen hiasan,” tuturnya. Memasang cermin dengan ukuran besar juga akan memberikan sebuah ruangan tampak luas.

Cara yang berbeda dilakukan oleh Marissa Wulandari, lulusan DIII Public Relations Fisip Undip ini memilih mendesain rumahnya tanpa sekat. Misalnya saja. Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu bagian. “Saya memilih sedikit pakai furniture. Karena (kalua banyak) malah membuat kesan rumah jadi penuh dan sempit,” ujarnya.

Hiasan yang ia pakai menggunakan sistem gantung. Sehingga tidak banyak makan tempat.  Tips lainnya adalah mendesain rumah dengan atap yang tinggi sehingga bisa memiliki kesan luas dan sirkulasi udara pun lebih bagus. “Untuk piihan warna saya gunakan warna putih, agar kesannya luas,” katanya.

Sementara itu untuk kamar utama, menggunakan kasur tanpa dipan. Untuk tempat bersantai atau ruang nonton televisi ia hanya menggunakan karpet. Selain itu pemilihan warna karpet pun lebih ke warna hitam dan putih. “Semakin banyak warna, kesannya akan semakin sempit. Intinya kalau pengen kelihatan luas dibiking ngeblong, serta gunakan furniture secukupnya namun tetap cantik,” pungkasnya. (den/zal)





Tinggalkan Balasan