alexametrics

Apa Saja Penyebab Rem Tangan Cepat Rusak? Simak Hal-Hal Berikut!

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID-Masih banyak pengemudi yang menyepelekan penggunaan rem tangan yang tepat. Ujung-ujungnya, sistem pengereman akan rusak, Anda perlu mengeluarkan banyak biaya, dan ada potensi kecelakaan.

Salah satu kelalaian yang kerap terjadi adalah lupa menonaktifkan rem tangan ketika sedang berkendara. Hal itu lazim terjadi pada kendaraan yang tidak memiliki sistem peringatan rem tangan. Bila hal tersebut sering terjadi, sistem pengereman akan cepat rusak.

Pertama, karena kampas rem menjadi lebih cepat aus. Pengikisan kampas rem lebih cepat terjadi bila jalanan menurun atau kecepatan kendaraan lebih tinggi.

Selain lebih cepat aus, kampas rem tangan mobil mudah copot. Hal tersebut disebabkan rem yang dipaksa bekerja ketika roda berputar. Tenaga mesin akan tertahan sehingga kampas rem berpotensi malafungsi.

Baca juga:  Musim Hujan, Kaki-Kaki Jadi Perhatian Khusus

Baca juga: Tempatkan 211 Sekolah, Jateng Kuasai Daftar Top 1000 Sekolah Terbaik Berdasar Nilai UTBK Masuk PTN

Masalah berikutnya adalah kampas rem yang menempel di tromol. Saat posisi mesin masih aktif dan Anda memaksakan penggunaan rem tangan, peluang kampas untuk menempel pada bagian tromol menjadi lebih besar. Sebab, kondisi rem yang basah akan membuat kampas mudah menempel pada tromol.

Cara Benar Menggunakan Rem Tangan

Agar mobil tidak mengalami dampak kerusakan, perhatikan sejumlah teknik penggunaan rem tangan berikut.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya