alexametrics

Kapasitas Mesin 1.500 CC, Bisa Gaspol di Laut Lepas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Touring atau perjalanan jauh, ternyata tidak hanya menggunakan kendaraan darat. Jetski pun bisa digunakan untuk touring menjelajahi lautan. Salah satunya Saedoo GTI dengan kapasitas mesin 1.500 cc.

Memiliki tampilan yang gagah, Jetksi ini mampu diajak memecah lautan. Mulai dari Semarang-Batang atau bahkan sampai Karimunjawa pulang pergi.

Ada beberapa jenis Jetski merk Seadoo, pabrikan asal Kanada. Mulai dari jenis atraksi, medium dan yang terakhir jenis touring. Jetski jenis tpuring ini biasa terparkir rapi di dermaga Marina Convention Center Semarang.

“Jenis ini banyak dipilih karena mudah dikendalikan, power-nya pun cukup besar dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh,” kata Pandu Aristiawan, pengeloka BRP Semarang.

Baca juga:  Honda Tambah Varian Baru CRF150 L

Ia menjelaskan, jetski GTI memiliki tenaga mencapai 170 tenaga kuda dengan kapasitas mesin 1500 cc. Ketika diajak ngebut, top speed bisa mencapai 88 km/jam. Kendaraan air ini juga sanggup memecah ombak dengan tenang serta memiliki fitur berkendara yang bisa diatur. “Jetski ini punya variable trim sistem, kegunaannya untuk mengatur moncong jetski ketika digunakan untuk boncengan,” tuturnya.

Beda dengan kendaraan roda dua, tuas gas Jetski Seadoo ini terbilang unik. Terdapat dua tombol di kiri dan kanan bagian depan kemudi. Tombol kanan berfungsi sebagai gas sementara bagian kiri untuk pengereman. “Terus kalau mundur tinggal pencet keduanya. Mudah sih dan cenderung easy riding,” jelasnya.

Baca juga:  12 Desainer Ramaikan Semarang Motion Energy Show

Dari segi perawatan, menurut pria yang akrab disapa Pandu ini, cenderung mudah. Kendaraan ini memiliki peringatan servis pada speedometer. Servis biasanya disesuaikan dengan lama waktu penggunaan. “Berkala sesuai waktu penggunaan setiap 50 jam, cuma ganti busi, bersihin sampah-sampah di mesin. Biasanya sering trouble karena sumbatan sampah ini,” bebernya.

Pandu mengaku, menunggangi Jetski berbeda dengan naik motor. Sensasinya lebih menantang dan tak kalah ekstrim. Salah satunya adalah bisa gas pol sampai manapun kita mau tanpa ada halangan kendaraan lain. “Risiko buat jatuh juga kecil, kita bisa ngebut juga sesuka kita,” candanya.

Selain merawat mesin, Pandu menyarankan, jetski yang selesai digunakan harus segera dicuci. Mengingat air laut bersifat korosi, jetski harus dicuci menggunakan sabun serta membersihkan mesin dari sampah laut.

Baca juga:  VW Safari Pak Camat Disulap Jadi Boogie

“Lawan kita itu sebenernya sampah laut sih. Mesin jetski ini sedotannya kuat banget. Jadi kadang trouble mogok ya gara-gara kesumbat sampah” jelasnya. (den/mg3/ton/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya