alexametrics

Holden Belmont Tampil Garang dengan Mesin V8

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Ruangan mesin Holden Bemont terdengar bergemuruh dari kejauhan. Mobil keluaran tahun 1980-an ini masih bisa mengaspal dengan mulus. Sang pemilik menggantinya dengan mesin V 8 matic agar lebih bertenaga.

Garang. Itulah kesan pertama yang terlihat dari mobil berwarna hijau nan kinclong ini. Terlebih dengan kap mesin terbuka. Meskipun umurnya lebih dari 40 tahun, otot dan power dari Holden milik Jhoni Rahman ini masih sangat terawat.

“Mesin aslinya 6 silinder, diganti menjadi mesin 8 silinder. Sengaja open kap mesin, karena belum dilubangi. Fungsinya agar mesin tidak cepat panas, tapi open kap juga malah tambah sangar,” ujar Jhoni kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kecintaan terhadap mobil Holden muncul saat ia masih kuliah. Saat itu pula ia ikut komunitas Holden meskipun dirinya tidak memiliki mobilnya. “Dulu gak punya mobilnya, ya cuma ngikut-ngikut mobil temen. Malah sebelum nikah akhirnya punya sendiri,” tuturnya.

Baca juga:  Warga Desak Penutupan TPA Kalikondang

Singkat cerita, Jhoni mendapatkan mobil impiannya ini dari orang Klaten. Saat itu dalam bentuk bahan. Artinya adalah unit yang ia dapatkan tidak terawat. Bumper depan yang karatan, interior kotor dan kabel tidak rapi, serta yang lainnya. “Akhirnya pelan-pelan saya lakukan restorasi sampai seperti saat ini,” bebernya.

Memiliki transmisi matic dengan menggendong mesin kapasitas 2.350 cc, ternyata tidak membuatnya puas. Ia mengganti mesin bawaan dengan mesin 8 silinder dan kapasitas mesinnya naik menjadi 5.800 cc. “Mobil kayak gini itu kalo cc-nya makin gede makin enak sih, apalagi matic enak dibuat geber,” candanya.

Meskipun tua, mobil ini tak pernah mogok saat diajak berkendara jauh. “Pernah dibawa ke Surabaya, jalan macet tapi gak ada masalah. Paling ya kehabisan bensin, karena dulu indikator bensinnya mati,” kenangnya.

Baca juga:  Akhir Tahun, PDAM Kendal Berikan Hadiah Kepada Pelanggan

Pengalaman lainnya, adalah ketika ia berkendara di jalan tol. Banyak mobil yang sengaja membuntuti, bahkan secara terang-terangan difoto “Kalau ini lucu, dulu dipepet sama pasangan suami istri di jalan tol. Sampai rest area malah ditawar Rp100 juta, tapi nggak saya lepas,” katanya.

Mobil yang masuk kategori mobil klasik tua dan bertransmisi matic, fungsi tuas gigi maticnya juga masih normal hingga sekarang. Ia juga menambahkan shifter pada bagian atas gear box.

Dari sisi perawatan mobil Holden ini juga menurutnya sangat mudah, tak pernah rewel untuk service bahkan untuk perawatan mobil ini hanya cukup ganti oli saja. (mg3/den/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya