alexametrics

Sunroof Bikin Mobil Terlihat Mewah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID Sunroof ataupun moonroof biasanya hanya dimiliki oleh mobil premium. Fungsinya sendiri lebih ke style atupun bisa menikmati pemandangan dari dalam kabin mobil.

Berkembangnya dunia otomotif saat ini, membuat sunroof ataupun moonroof bukan menjadi barang mewah. Bahkan semua jenis mobil bisa dipasangi dengan cara meng-custom atap mobil. Syaratnya tentu saja atap mobil harus di lubangi agar bisa dipasangi berbagai piranti canggih ini.

“Segala mobil sebenarnya bisa dipasangi. Entah itu mobil Jepang, Eropa atau yang lainnya. Sunroof ataupun moonroof membuat tampilan mobil akan lebih elegant dan stylish,” kata Owner Garage Oem Semarang, Ahmad Arum Subekti kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia mencontohkan, mobil-mobil Eropa tua keluaran tahun 1990 sampai 2000 misalnya, BMW atapun Mercedes, kerap di custom sunroof. Selain itu berbagai macam sedan Jepang, dan City Car seperti Avanza, Xenia, Agya bahkan Innova, lebih terlihat stylish ketika dipasangi sunroof.

“Baru-baru ini kita pasang di BMW E36 dan E40. Proses pengerjaannya sekitar satu minggu, mulai dari bikin lubang di bagian atap, fitting sunroof agar presisi, tes kebocoran hingga pengecatan ulang,” ujar pemilik bengkel yang terletak di Jalan Berlian Dalam, Sambiroto, Tembalang ini.

Baca juga:  Fokus Recovery Ekonomi Masyarakat dan Pengadaan Vaksin Covid-19

Pada dasarnya sunroof ataupun moonroof memiliki fungsi yang sama, yakni bisa melihat pemandangan dari kaca atap mobil. Perbedannya adalah cara membuka piranti ini, jika sunroof terbuka ke atas, sementara moonroof kaca terbuka ke dalam. Kedua piranti ini pun harus diimport dari luar negeri.

“Biasanya yang sering memakai adalah modifaktor dengan gaya elegant ataupun racing yang suka traveling. Sehingga bisa menikmati pemandangan alam lebih luas. Hanya dengan membuka bagian atap,” ucapnya.

Sementara itu, dari segi ukuran biasanya untuk mobil sedan ataupun city car idealnya menggunakan ukuran L. Namun untuk mobil yang lebih besar biasanya menggunakan ukuran XXL. Untuk instlasasi atau pemasangan, tergantung dari tingkat kesulitan dan ukuran sunroof yang diinginkan.

Baca juga:  Honda Tambah Varian Baru CRF150 L

“Untuk mobil yang tanpa double blower tentu lebih murah, mulai Rp 9 jutaan sudah bisa memiliki sunroof. Itu termasuk biaya instalasi, cat, plafon mobil. Untuk ukuran yang lebih besar bisa sampai Rp 18 jutaan. Tergantung tingkat kesulitan dalam pemasangan juga,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Subeki ini menjelaskan, AC tengah (double blower) yang ada pada Avanza dan Kijang Innova memiliki kerumitan masing-masing ketika sang pemilik hendak memasang sun roof.  Karena harus melubangi bagian atap, penyesuian AC tengah ini pun harus dilakukan.

“Kalau Avanza relatif lebih mudah. Bisa hanya dimundurkan. Tapi kalau Innova nggak bisa, harus di-setting ulang untuk AC tengahnya,” jelasnya.

Baca juga:  Pancuranmas Bangun Lapangan Futsal

Mobil yang memiliki sunroof, lanjut dia, tetap perlu dilakukan perawatan rutin pada piranti sunroof. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran dan macet ketika digunakan.

“Perawatan tetap ada, terutama pada bagian rel dan jalur pembuangan air. Kalau dari sisi keamanan sangat aman kok,” pungkasnya. (den/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya