Beranda Fashion Menangkap Kerang Raksasa di Thailand, Aktris Korea Jadi Tersangka

Menangkap Kerang Raksasa di Thailand, Aktris Korea Jadi Tersangka

0
Menangkap Kerang Raksasa di Thailand, Aktris Korea Jadi Tersangka

JawaPos.com – Seorang aktris Korea Selatan Lee Yeol-eum tersandung kasus hukum karena aksinya menangkap kerang langka saat syuting. Lee bersiap menghadapi hukuman 5 tahun penjara di Thailand karena menangkap kerang raksasa yang terancam punah dalam sebuah tayangan TV realitas.

Kejadian itu terjadi saat Lee Yeol-eum menyelam di taman laut Thailand untuk episode 30 Juni acara Law of the Jungle. Acara tersebut adalah reality show di Korea Selatan yang sedang populer.

Dilansir dari Rappler, Minggu (7/7), kejadian itu berawal ketika Lee menangkap 3 buah kerang langka kemudian menyantapnya bersama-sama selebriti lainnya. Makhluk-makhluk itu terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dan dilindungi oleh hukum Thailand.

Kepala Taman Nasional Hat Chao Mai, Narong Kongaid mengatakan kepada AFP bahwa dia mengajukan dua dakwaan terhadap aktris tersebut karena melanggar undang-undang Taman Nasional dan undang-undang Perlindungan Satwa Liar. Tak hanya itu, Lee juga teraancam hukuman denda. “Dia dijatuhi hukuman 5 tahun penjara,” kata Narong kepada AFP, seperti dilansir JawaPos.com, Minggu (7/7).

Perusahaan produksi (PH) reality show telah meminta maaf. Namun proses hukum tetap berjalan. “Akan tetapi ini adalah kasus kriminal dan kami tidak dapat menarik gugatan,” tegas Narong.

Aktris Korea Selatan Lee Yeol-eum. (Instagram.com/yuleumlee)

Hingga kini kasus tersebut masih dalam penyelidikan. Polisi akan mencari cara untuk menemukan Lee bahkan jika Lee sudah tidak lagi berada di Thailand. Kini tergantung pada jaksa penuntut pengadilan untuk memutuskan apakah Lee akan dikejar atau apakah kasusnya akan dibatalkan.

Lee menghadapi hukuman 5 tahun penjara di bawah undang-undang Taman Nasional, atau 4 tahun karena melanggar undang-undang Perlindungan Margasatwa. Kedua undang-undang tersebut juga membawa denda 20.000 baht atau USD 650 setara Rp 9,1 jutaan.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan 5 Juli, PH asal Korea Selatan itu menawarkan permintaan maaf mendalam dengan alasan tidak mengetahui peraturan satwa liar Thailand.

Disebutkan dalam Channel News Asia, Law Of The Jungle adalah reality show dokumenter yang mengudara di channel SBS. Program 55 menit ini juga tersedia online dan ditonton oleh banyak warga Thailand.

Mengenal Jenis Kerang Langka yang Ditangkap Lee

Kerang raksasa itu secara ilmiah dikenal sebagai tridacna gigas, berupa kerang raksasa terbesar di dunia. Kerang itu hidup di terumbu karang dan dapat tumbuh melebihi 1,3 m lebarnya dan beratnya sekitar 250 kg. Otot lunak di dalam cangkangnya yang keras mengandung banyak protein dan dianggap sebagai kelezatan. Kerang raksasa tersebut memiliki rentang hidup rata-rata 100 tahun atau lebih. Begitu menemukan tempat di terumbu, kerang tersebut akan tinggal di sana selama sisa hidupnya.