Semen Indonesia Investasi Rp 3,25 T

339

Bangun Pabrik Baru Indarung VI di Padang

PADANG – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. menginvestasikan dananya Rp 3,25 triliun untuk membangun pabrik baru berkapasitas 3 juta ton semen per tahun di Padang Sumatera Barat. Pabrik baru Indarung VI Padang baru ditargetkan selesai dan sudah bisa beroperasi 2016.
Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, pembangunan pabrik Indarung VI didasari pada kebutuhan pasar semen di wilayah Sumatera dan Jawa bagian Barat yang terus berkembang pesat. Di wilayah Sumatera, pertumbuhan kebutuhan semen mencapai 1,5 persen per tahun. Tahun 2013 Semen Padang berhasil menjual 6,57 juta ton dengan market share 45 persen (Sumatera dan Jawa bagian barat) sedangkan secara nasional market share Semen Padang 12 persen. “Di saat meningkatnya permintaan semen nasional yang tiap tahunnya mencapai 6 persen, jika tidak ada penambahan kapasitas maka market share Semen Padang akan mengalami penurunan,” kata Dwi Soetjipto.
Setelah beroperasinya pabrik baru Indarung VI berkapasitas 3 juta ton, maka kapasitas produksi Semen Padang akan meningkat menjadi 10,5 juta ton semen per tahun dari kapasitas sebelumya 7,5 juta ton (Indarung II, III, IV dan V). Dengan tambahan kapasitas tersebut diharapkan Semen Padang menjadi leader di wilayah Sumatera dan sebagian Pulau Jawa serta leluasa untuk mengembangkan pemasaran ke area baru.
Dengan tambahan dua pabrik baru masing-masing di Padang Sumatera Barat dan Rembang Jawa Tengah yang akan dilakukan ground breaking pada pertengahan bulan Juni 2014 serta upgrading pabrik existing lainnya, kelompok perusahaan semen terbesar di Indonesia ini akan memiliki kapasitas 40,8 juta ton per tahun pada 2017. (*/tya/smu)