Beranda LifeStyle Stok Beras Aman hingga Lebaran

Stok Beras Aman hingga Lebaran

0

”Melihat stok yang saat ini kami miliki Bulog Divre Jateng bahkan optimistis bisa membantu memenuhi kebutuhan divre lain yang masih kekurangan stok beras”

Damin Hartono
Kepala Bulog Divre Jateng

SEMARANG – Perkiraan kemarau panjang hingga beberapa bulan mendatang, dinilai tidak akan berpengaruh banyak pada stok beras di Jawa Tengah. Bulog Divre Jateng hingga saat ini total memiliki persediaan beras hingga 175.947 ton yang cukup hingga Lebaran mendatang.
”Terkait perkiraan kemarau panjang sejauh ini tidak ada masalah. Persediaan yang hampir mencapai 176 ribu ton ini sudah memenuhi 43 persen dari target yang ditentukan untuk sepanjang tahun 2014,” ujar Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Jateng Damin Hartono, kemarin.
Bulog Jateng dalam sehari bisa menyerap beras antara 5-6 ribu ton. Itu pun hingga saat ini pasokan dari petani masih terus masuk. Selain itu juga tidak ada kendala dalam proses panen. Sehingga persediaan beras aman. ”Melihat stok yang saat ini kami miliki Bulog Divre Jateng bahkan optimistis bisa membantu memenuhi kebutuhan divre lain yang masih kekurangan stok beras, seperti yang sudah kami lakukan di tahun-tahun yang lalu,” jelasnya.
Stok tersebut, ucapnya, juga dipersiapkan untuk kebutuhan bahan pokok saat Lebaran mendatang. Tidak hanya kebutuhan beras, tapi juga beberapa kebutuhan pokok strategis lainnya seperti gula dan daging.
Selain meningkatkan jumlah penyerapan beras, ucapnya, untuk mengoptimalkan realisasi pengadaan beras kami juga melakukan pemanfaatan ’jaringan semut’. Hal tersebut bertujuan untuk memotong rantai distribusi beras di tingkat tengkulak.
Sedangkan mengenai raskin, Damin mengatakan per 12 Mei lalu sudah mencapai 241.603.770 kilogram atau 54,08 persen dari pagu atau alokasi hingga akhir tahun yang mencapai 446.788.260 kilogram. ”Jadi untuk raskin hingga saat ini juga tidak ada masalah,” tandasnya. (dna/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.