alexametrics

Terbentuk dari Tongkrongan, Magelang Archery Club Mulai Lahirkan Atlet Berprestasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Komunitas Panahan Magelang atau Magelang Archery Club (MAC) terbentuk akhir 2016. Awalnya dibentuk oleh orang-orang dewasa. Kini, sebagian besar anggotanya kalangan pelajar.

Salah satu pendiri MAC Yudhi Wiratmoko menuturkan, MAC terbentuk setelah dia bersama teman-teman tongkrongannya tertarik dengan cabang olah raga ini. Mulanya, anggota MAC berasal dari kalangan dewasa. Yudi kemudian mengajak anaknya yang masih kecil untuk bergabung. Setelah itu, semakin banyak anak-anak yang bergabung bersama MAC.

Meski lahir dari tongkrongan, MAC semakin diseriusi. Awal 2017, MAC mengirim lima anggotanya untuk mengikuti pelatihan pelatih panahan di Ragunan, DKI Jakarta. Yudi, salah satunya. “Kami ikut latihan di sana dan lulus,” ujar Yudi.

Baca juga:  ASWinner Menang Telak di TPS Kandang

Pria yang kini juga menjadi pelatih di MAC ini mengatakan, ikut dalam pelatihan salah satunya untuk mempelajari teknik panahan dengan benar. “Karena kasihan kalau banyak anak-anak ikut tapi teknisnya nggak benar. Jadi ya gimana biar generasi selanjutnya menjadi pemanah yang benar,” ucap Yudi.

Kini anggota MAC mayoritas berasal dari kalangan pelajar. Terutama pelajar SMP. Sementara yang termuda anak-anak usia kelas 2 SD. Jumlah yang terdata sekitar 60. Sementara yang aktif sekitar 30 anak.

Klub ini memang lebih konsen ke anak usia sekolah. Namun Yudi menyarankan peserta diutamakan anak-anak usia di atas 7 tahun. “Kalau di bawah itu kan mereka belum paham itu barang tajam, barang berbahaya,” ujar Yudi.

Baca juga:  Pelanggar Meningkat, Operasi Prokes Diintensifkan

“Panahan itu yang diutamakan keselamatan,” tegas pria 46 tahun ini.

MAC berlatih saban Selasa sore, Jumat sore, dan Minggu pagi. Memanfaatkan lahan terbuka milik orang tua salah satu pelatih MAC. Lokasinya di Dusun Gentingan, Desa Paremono, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Tak hanya berlatih, MAC sering mengikuti perlombaan. Berbagai prestasi pun sudah berhasil dikantongi. Di antaranya medali emas Popda Jateng Standar Bow SMA Beregu Putra dan medali emas Standar Bow SD Putri pada 2017.

Kemudian tiga medali perak Popda Jateng Compound Bow SD Putra, medali emas Jambore Panahan Dulongmas Compound Bow Putri, medali perunggu Kejurprov Junior pada 2019. Prestasi teranyar MAC baru diraih tahun 2021 ini. Yakni tiga medali perunggu Sirkuit Nasional Panahan di Bali. (rhy/ton)

Baca juga:  Jemput Bola Tera Ulang Alat UTTP di 17 Kelurahan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya