alexametrics

Pasang Surut Football Freestyle di Semarang, Sempat Booming, Sekarang yang Latihan Hanya 3 Orang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.IDFootball freestyle merupakan sebuah olahraga turunan dari olahraga sepak bola yang memadukan trik dalam sepakbola dengan tarian ataupun gerakan-gerakan atraksi.

Meskipun sebuah olahraga turunan dari sepakbola, namun pamor dari football freestyle tidak setinggi sepakbola terlebih di Kota Semarang. Asian Football Freestyle Semarang adalah salah satu komunitas yang menekuni olaharaga tersebut.

Ketua Asian Football Freestyle Semarang Yosua mengatakan, komunitas freestyle di Semarang kurang begitu besar animonya.”Terkadang, peserta yang mengikuti latihan hanya 1-3 orang saja. Kita biasa latihan di Balai Kota Semarang atau GOR Tri Lomba Juang,” katanya.

Yosua mulai menekuni football freestyle sejak tahun 2016. Dia tertarik untuk bermain football freestyle adalah sinetron Tendangan si Madun. “Saya dulu sempat ikut SSB dan masuk tim futsal sekolah dan juga sempat juara di salah satu kejuaraan,” ujar Yosua.

Baca juga:  Koleksi Ratusan Helm Balap, Diundang Pabrik KYT dan NHK

“Menurut saya, sepakbola dan futsal tidak bisa dimainkan di suatu tempat yang sempit, sedangkan untuk football freestyle kita bisa bermain di berbagai tempat.” ujar Yosua.

Yosua juga sempat mengikuti dan menjuarai kategori rookie pada turnamen tingkat nasional yaitu Indonesia Football Freestyle Championship atau disingkat IFFC edisi tahun 2018 yang diadakan oleh pihak Indonesia Football Freestyle Federation.

“Pada awal membentuk komunitas ini sekitar tahun 2016, banyak yang bergabung dengan komunitas ini, kurang lebih sekitar 40 orang, tapi setelah berjalannya waktu orang yang mengikuti komunitas ini semakin berkurang. Sekarang, anggota aktif dari komunitas hanya 7-8 orang saja,” ujarnya.

Fotball freestyler lainnya yaitu Lintang bercerita, bahwa football freestyle dibagi dalam dua kategori, yaitu air move dan ground move. Untuk air move sendiri adalah freestyle yang bermain bola atas atau di atas permukaan, sedangkan ground move adalah trik-trik yang bermain bola bawah atau di permukaan seperti street soccer dan juga kerap ditemui dalam permainan futsal.

Baca juga:  Siberian Husky, Si Tampang Galak yang Penurut

“Trik football freestyle paling sulit menurut saya adalah timing dan control saat melakukan freestyle,” pungkasnya. (mg1/mg2/mg3/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya