alexametrics

Uji Adrenaline di Thekelan Bike Park

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Destinasi wisata di Kabupaten Semarang cukup beragam. Mulai wisata alam, sejarah, tematik, hingga religi. Pemkab sendiri kini tengah menggarap Sport Tourism. Di antaranya spot paralayah di Gunung Gajah, Nogosaren, Kecamatan Getasan, dan track downhill di Thekelan.

Namanya Thekelan Bike Park. Track-nya cukup ekstrem. Pecinta olahraga downhill pasti bakal terpacu dengan jalur yang menantang.

Thekelan Bike Park sendiri berada di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Kopeng. Memiliki track di kaki Gunung Merbabu, maka tidak diragukan lagi pelancong akan dimanjakan dengan pemandangan yang epic.

“Baru diresmikan tahun kemarin sama pengelola Taman Nasional dan bupati Semarang,” ujar Cicok, salah satu warga Thekelan.

Baca juga:  Lestarikan Musang lewat Breeding Mandiri

Trek ini baru dibuka kembali per Maret 2021. Sebelumnya sempat tutup karena perbaikan. Ada sedikit renovasi trek agar lebih aman dan nyaman untuk dilalui para pesepeda gunung. Dalam renovasi jalur, warga Thekelan dibantu Komunitas MTB (Mountain Bike) Salatiga. Saat ini Thekelan Bike Park memiliki jalur sepanjang 2,2 kilometer disertai dengan obstacle buatan seperti table top, berm, hingga drop.

“Sebelum diresmikan, sebenarnya jalur downhill ini memang sudah ada, inisiatif dari warga sekitar,” ungkapnya.

Awalnya inisiatif tersebut berasal dari para pesepeda gunung yang mengeksplor trek hingga ke Thekelan dan menemukan jalur yang menarik untuk dilewati. Dari situ berkembang, warga berdiskusi dengan komunitas. Hingga akhirnya direalisasikan pembuatan jalur downhill.

“Dulu sebelum diresmikan jalur Thekelan bermula di Thekelan dan berakhir di Dusun Ngaduman, Desa Tajuk. Sekarang jalur awal di Thekelan dan berakhir di Thekelan juga,” katanya.

Baca juga:  Bunga Karnivora Pembawa Rezeki

Setelah diresmikan, Thekelan Bike Park langsung dibanjiri oleh komunitas-komunitas sepeda gunung yang ingin menjajal trek. Banyak event yang digelar baik event dari taman nasional mupun dari komunitas.

Saat ini Thekelan Bike Park masih dibuka untuk para pesepeda gunung. Trek downhill rencananya masih akan dikembangkan. Rencananya akan ada jalur panjang yang bermula dari Thekelan dan berakhir di area DH Salib Putih. (cr5/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya