alexametrics

Sinergitas Terjaga, Kinerja Optimal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Suasana kerja yang nyaman, kinerja maksimal, bisa tercipta melalui keguyuban. Kondisi tersebut coba dibangun Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) Jawa Tengah. Menyatukan pegawai dari semua divisi melalui gowes.

Rutinitas gowes para pegawai Kemenkumham Jateng ini mulai terwadahi pada 2019 lalu. Tepatnya tanggal 16 Agustus. Dengan membentuk komunitas Jago (Jateng Gowes).

Awalnya hanya tujuh pegawai saja yang ikut. Utamanya mereka yang hobi bersepeda. Setiap Jumat pagi gowes keliling Kota Semarang. Mencari spot foto menarik, dan diakhiri makan bersama. Lama-lama, banyak pegawai yang tertarik untuk bergabung. Sekarang anggotanya 25 orang. Lengkap dari semua divisi, mulai divisi administrasi, pemasyarakatan, Keimigrasian, dan divisi pelayanan hukum.”Ada juga pimpinan tinggi yang ikut kepala divisi administrasi Jusman Ali,” ujar Ketua Jago, Dani Orlando.

Baca juga:  Bersepeda Keliling Kota sambil Mencari Inspirasi

Gowes rutin memang untuk menjaga kebugaran. Namun ada hal positif lain yang didapat. Meningkatkan keguyuban dan sinergitas pegawai antar divisi.

“Kami terdiri dari beberapa divisi yang berbeda, dengan ini komunikasi kerja (koordinasi) makin gampang dan tercipta sinergitas di dalam kantor,” ujar pegawai Analis Sistem Aplikasi dan Jaringan Komputer itu.

Ageda gowesnya tidak melulu wilayah Kota Semarang, Jago kerap touring luar kota. Dijadwalkan sebulan sekali. Setiap hari Sabtu-Minggu. Seperti ke Gunung Sepikul Sukoharjo, Pantai Baron Jogjakarta, Borobudur Magelang. Bahkan sampai Surabaya, Madura.

Agenda terdekat sebelum bulan puasa, Jago bakal gowes ke NR Culinary Jogja. Namun hanya dilakukan anggota laki-laki saja. “Menginap di kota tujuan kemudian di kota tersebut bersepeda, kuliner, travelling,” ujarnya.

Baca juga:  Kakanwil Kemenkumham Ingatkan MPW dan MPD Seluruh Jateng Minta Bukti PNPB Notaris

Dani pun kerap meminta anggotanya menjaga stamina dan berlatih fisik. Selain itu mengonsumsi multivitamin, dan menjaga pola makan yang sehat, agar kuat gowes jarak jauh. (ifa/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya