alexametrics

IV/5 Gowes Club, Hilangkan Kesan Polisi Militer Garang dan Menakutkan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/5 Semarang, memiliki cara tersendiri untuk lebih dekat dengan masyarakat. Melalui gowes IV/5 Gowes Club, PM ingin menghilangkan kesan garang dan menakutkan.

Anggota aktif IV/5 saat ini 80 orang. Terdiri dari 50 PM dan sisanya masyarakat umum. Kegiatan gowes dilakukan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Khusus untuk Jumat pagi, rutenya seputar Kota Semarang. Selain menjaga kebugaran dan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, juga untuk mengangkat pariwisata Kota Semarang. Tak heran jika rutenya melintasi berbagai objek wisata. Seperti Goa Kreo, Masjid Agung Jawa Tengah, Kelenteng Sam Poo Kong, hingga Semarang Zoo.

Sementara gowes Sabtu dan Minggu, rutenya sampai luar kota. Seperti Jogjakarta, Solo, Magelang, dan Salatiga. Tidak sekadar gowes. IV/5 Gowes Club juga memiliki misi sosial. “Kami beri bantuan sembako atau barang-barang yang menjadi kebutuhan masyarakat. Di bidang pendidikan kami juga memberi alat tulis bagi anak-anak sekolah, dan lainnya,” ujar Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula SH MSi MHan.

Baca juga:  Rekatkan Kekeluargaan, Tingkatkan Produktivitas Kerja

Menurutnya, banyak hal yang dilakukan dalam kegiatan gowes. Termasuk menguatkan jiwa nasionalisme pada masyarakat. Pernah ketika gowes di Salatiga. Saat itu dalam suasana Dirgahayu Kemerderdekaan RI. Ia bersama anggotanya mengayu sepeda perlahan sembari menikmati semarak Kemerdekaan di lingkungan warga. Okto melihat bendera Merah Putih berdiri tegak di setiap rumah warga. Ia pun bangga. Karena kesadaran warga sangat tinggi. Namun kayuhannya berhenti. Matanya tertuju pada sebuah bendera yang sudah lusuh. Seketika IV/5 Gowes Club menghampiri dan menggantinya dengan bendera baru.

“Terlepas dari itu, saya bangga masyarakat tidak lupa dengan hari Kemerdekaan RI. Karena tanpa disuruh dan dipaksa masyarakat memasang bendera merah putih,” tambahnya.

Baca juga:  Bosan di Rumah, Bersepeda Sendiri Ratusan Kilometer

Okto mengakui, melalui IV/5 Gowes Club mampu menghilangkan kesan garang dan menakutkannya PM di mata masyarakat. “Dulu kesannya memang seperti itu. Tapi sekarang PM sudah membuka diri. Sekarang PM sudah humanis,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi Covid-19 ini. Rutin berolahraga. Salah satunya melalui gowes. “Tapi harus menjaga protokol kesehatan juga,” tandasnya (hid/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya