alexametrics

Budayakan Olahraga dan Aksi Sosial

Komunitas Krapyak Gowes Bersama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Bagi komunitas Krapyak Gowes Bersama (KGB), bersepeda cara untuk menyatukan warga. Ajang silaturahmi dan sosialisasi. Komunitas ini tak sekadar gowes tapi juga mengadakan bakti sosial ke panti asuhan.

Komunitas KGB dibentuk pada 1 Desember 2019. Anggotanya warga yang tinggal di sekitar Kelurahan Krapyak. Mereka eksis memacu pedal sepedanya hingga ke luar Kota Semarang tanpa keraguan.

KGB tidak mematok aturan jenis sepeda yang digunakan untuk gowes. Boleh sepeda lipat, gunung, atau sepeda balap. Anggota KGB memiliki solidaritas tinggi. Ketika perjalanan touring, ada anggota yang tertinggal pasti tetap didampingi dan diberi semangat.

“KGB ini bukan untuk balapan. Jadi setiap kali ada anggota yang tertinggal, tetap kami tunggu di pos yang sudah tersedia,” ujar Hary Sutrisno pencetus KGB kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kini anggotanya yang aktif berjumlah 50 orang. Dalam suasana pandemi sekarang ini, KGB tetap olahraga. Namun hanya terbatas di dalam Kota Semarang. Sesuai dengan visi dan misinya, KGB tak hanya membudayakan semangat berolahraga dengan warga sekitar. “Tujuan dbentuk KGB untuk meningkatkan semangat berolahraga bagi warga sekitar Krapyak, Kelurahan Jrakah, dan Kelurahan Purwoyoso. Selain itu juga melakukan kunjungan ke rumah anggota untuk menyambung tali silaturahmi,” kata Hary.

Baca juga:  Cog Enthusiast Agendakan Rabu Nglarisi Konco

Tiada batasan usia, semua warga sekitar yang berminat untuk bergabung diterima dengan senang hati. Karena kekeluargaan adalah prinsip utama. Mereka juga kerap mengadakan bakti sosial dengan mengunjungi panti asuhan melakukan charity. Itulah keunikan di KGB.

“Kami adalah komunitas sepeda, namun kami lebih dari sekadar itu. KGB sering melakukan bakti sosial dengan anak-anak di panti asuhan. Kita bersepeda bersama di hari Minggu lalu berkunjung ke panti asuhan,” katanya.

Krapyak Gowes Bersama diharapkan bisa menyatukan tujuan bersama untuk hidup sehat. Juga turut meningkatkan kebersamaan dan kerukunan dalam bermasyarakat.

“Meningkatkan kebersamaan dalam kerukunan. Dan yang paling utama sebagai ajang tali silaturahmi antaranggota,” tandasnya. (mg2/mg3/lis)

Baca juga:  Cedera Tulang Hasta karena Kecelakan Sepeda, Gubernur Ganjar Jalani Operasi di RSUP dr. Kariadi

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya