alexametrics

Tips Manajemen Waktu agar Kerjamu Lebih Produktif, Nomor 3 Wajib Banget!

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Setiap orang di dunia ini memiliki modal waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, 168 jam seminggu, dan 672 jam dalam sebulan. Tetapi terkadang kita masih merasa kewalahan dengan banyaknya pekerjaan, melewatkan tenggat waktu pekerjaan, atau merasa kurang dalam memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan kewajiban.

Keterampilan manajemen waktu sangat dibutuhkan, manajemen waktu yang sukses adalah ketika kamu dapat mengontrol dan menggunakan waktu sehingga tidak terburu-buru untuk memenuhi tenggat waktu atau tidak terus-menerus merasa tertekan. Dan hal tersebut tidak mudah, kamu mungkin merasa sudah melakukan semuanya dengan benar dan masih merasa membuang-buang waktu.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatur waktu dengan lebih baik dan menjadi lebih produktif:

  1. Buat Daftar Tugas yang Harus Dikerjakan
Baca juga:  Selamat!, Shio Naga Bakalan Hoki di Bulan September 2021

Pertama, kamu bisa membuat daftar tugas yang perlu kamu lakukan kedalam catatan atau kalendermu. Cantumkan semua yang harus kamu lakukan, mulai dari tugas yang paling penting di bagian atas daftar, dan tugas yang paling kurang penting di bagian bawah.

  1. Buat Estimasi Waktu

Lakukan perkiraan secara akurat dengan menyesuaikan kebiasaanmu tentang berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan setiap tugas, agar estimasi waktu atau jadwalmu sesuai dengan perkiraanmu. Meskipun cukup sulit untuk menentukan perkiraan waktu yang akurat, kamu dapat melatihnya dengan menghitung berapa lama kamu mulai hingga selesai saat mengerjakan suatu pekerjaan. Catat estimasi waktumu dalam seminggu di catatan atau kalender, lakukan hal tersebut secara berkala agar perkiraan estimasi waktumu lebih akurat.

  1. Prioritaskan Hal yang Terpenting
Baca juga:  Burnout Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Mengatasinya

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat semua list tugasmu mulai dari terpenting hingga kurang penting, besar dan kecilnya tugas, hingga jangka waktu tugas tersebut. Prioritaskan tugas secara efektif sesuai dengan tujuan dan kepentingan kamu agar tugas atau aktivitas yang tidak penting tidak mengacaukan waktu kalian.

Ketika kamu menggunakan list yang sudah kamu buat secara efektif dan penempatan yang baik setiap pekerjaaan prioritas, kamu akan jauh lebih terorganisir serta lebih efektif dalam melakukan pekerjaan. Jika kamu memprioritaskan dengan baik, kamu dapat lebih memfokuskan waktu dan energi pada aktivitas yang bernilai tinggi dan lebih produktif lagi.

  1. Luangkan Waktu untuk Istirahat
Baca juga:  Kabar Baik! Mimpi 4 Shio Ini akan Terwujud di Bulan September 2021

Bekerja terlalu lama dan tanpa jeda sangat tidak baik untuk kesehatanmu bahkan dapat menurunkan tingkat konsetrasimu atau yang anak zaman sekarang nyebutnya burnout. Beri jeda 15-30 menit untuk otak dan badan kalian beristirahat saat melakukan pekerjaan. Jangan pernah terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lembur, luangkan waktu 6-8 jam untuk tidur. Terakhir, beri waktu minimal 1 hari dalam satu minggu yang dapat kalian gunakan untuk bersantai atau berlibur bersama orang terdekat kalian.

Itu dia beberapa tips manajemen waktu yang dapat kalian coba agar kalian dapat mengerjakan pekerjaan lebih efektif. (mg5/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya