alexametrics

Burnout Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Mengatasinya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Istilah burnout saat ini memang kerap kita jumpai terutama di media sosial. Lalu, sebenarnya apa itu burnout dan bagaimana cara mengatasinya?

Burnout ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi ketika seseorang merasa kelelahan dan stress berat disebabkan oleh tuntuan pekerjaan. Situasi ini kerap muncul tatkala kita menerima kesulitan dan masalah secara bertubi-tubi sehingga kita kesulitan untuk mengontrolnya. Gejala yang kerap terjadi adalah hilangnya motivasi dan semangat bekerja.

Apabila tidak segera diatasi, burnout dapat memberikan efek negatif pada kesehatan fisik maupun mental seseorang. Berikut 5 tips mengatasi burnout,

  1. Buat jadwal dan pilah prioritas

Buatlah jadwalmu dan pilahlah mana yang paling utama untuk diselesaikan. Sehingga, pekerjaanmu akan lebih terstruktur. Selesaikan tiap tugas sesuai jadwal secara perlahan dan jangan terlalu memaksakan diri.

  1. Apresiasi diri sendiri
Baca juga:  Seger!! Nongkrong Santai di Kafe sambil Keceh

Apabila kamu telah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan, maka apresiasilah dirimu. Apresiasi tidak harus kamu dapatkan dari orang lain. Sesekali kamu perlu untuk mengapresiasi diri sendiri. Kamu bisa mengapresiasi dirimu dengan berbagai cara seperti berbicara pada diri sendiri di depan cermin, membelikan makanan yang kamu suka, dan masih banyak cara lainnya yang bisa kamu terapkan.

  1. Ubah gaya hidup

Burnout biasa muncul ketika gaya hidup kita tidak teratur. Jadi, penting banget nih mengubah gaya hidup kamu! Mulai dari makan yang teratur dan bergizi, istirahat cukup, rutin berolahraga, dan jangan lupa bersenang-senang sekali waktu.

  1. Bercerita kepada orang terdekat

Ketika merasa burnout, kamu perlu untuk bercerita kepada orang terdekatmu. Sampaikanlah apa yang kamu rasakan. Meski tidak mendapatkan solusi, tidak masalah. Setidaknya bercerita dapat mengurangi emosi dan beban yang selama ini kamu pendam.

  1. Mintalah bantuan
Baca juga:  ARMY Semarang, Tak Sekadar Fangirling, Getol Aksi Solidaritas

Apabila kamu merasa memiliki tanggungan pekerjaan yang terlalu banyak, jangan malu untuk meminta bantuan kepada oranglain. Bantuan itu tentu akan meringankan pekerjaan kamu. Sehingga kamu dapat tetap fokus dan tak perlu merasa kelelahan berlebihan. (mg10/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya