alexametrics

Warna Indah Harga Mewah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Ikan cupang atau yang biasa disebut ikan siem, menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan saat pandemi Covid-19. Warna-warni cerah dan sirip yang indah membuat ikan ini menjadi pilihan penghias ruangan.

Meskipun kecil, dan cenderung hidup soliter ikan cupang adalah salah satu ikan air tawar yang cukup mudah dipelihara. Agus Istiawan beberapa tahun belakangan menggemari ikan cupang. Karena punya potensi bisnis yang besar, Wawan Gethuk begitu ia disapa, kini menjadi peternak ikan cupang yang fokus ke jenis dumbo ear.

“Dari segi bisnis saat ini menggiurkan, karena banyak masyarakat yang mulai suka dengan ikan cupang,” kata Wawan kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Wawan menerangkan, dumbo ear menjadi pilihan karena karakternya yang lebih kalem dan tidak agresif. Sirip renang dari jenis ini pun lebih besar, sehingga jika dilihat seperti kupu-kupu yang berenang di dalam air.

Baca juga:  Tanam Bulu Mata, Cantik Tahan Lama

“Menurut saya lebih indah. Jenis ini gerakannya lebih kalem meskipun pada dasarnya adalah ikan petarung. Karena lebih kalem, ikan ini cocok jika dipelihara sebagai ikan aquascape,” bebernya.

Ikan cupang memiliki banyak jenis, mulai dari alam atau cupang sawah, half moon, double tail, crown tail, plakat fancy dan lain sebagainya, yang membedakan adalah siripnya. Untuk dumbo ear, meskipun namanya dumbo atau besar, tapi sebenarnya ukuran tidak jauh berbeda dengan yang lain.

“Dari jenis ini banyak juga yang digunakan untuk kontes, karena punya keelokan warna dan sirip yang indah ketika berenang,” ucapnya. Ikan yang paling dicari dan harganya mahal adalah avatar dan blue rim. Harganya mulai dari satu jutaan bahkan ada sampai belasan juta. Dari segi pemeliharaan dan pemijahan ikan ini menurut Wawan cukup mudah. “Susah ya enggak, gampang ya enggak. Yang penting tekun, bisa dibilang juga tangan-tanganan untuk menernak ikan ini,” imbuhnya.

Baca juga:  Kabar Baik! Mimpi 4 Shio Ini akan Terwujud di Bulan September 2021

Tahun lalu jenis blue rims yang memiliki banyak sub turunan warna dan avatar yang menjadi tren. Diprediksi pada tahun ini jenis dumbo ear akan menjadi primadona. Bahkan sudah banyak peternak yang berhasil membuat turunan warna yang cerah.”Tahun ini mungkin naik, apalagi karakternya yang lebih kalem. Punya karakter sendiri dibandingkan jenis lainnya,” tuturnya.

Sebagai peternak, Wawan kerap menjual ikan cupang dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Khusus dumbo ear, ia pernah pernah menjual Rp 1 juta lebih. (den/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya