alexametrics

Mengeksplorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Melengkapi interior rumah dengan tanaman hias akan membuat ruangan lebih berestetika. Namun tidak semua tanaman hias cocok di dalam ruangan. Hanya tanaman yang tidak berbunga saja. Atau yang tidak perlu banyak paparan sinar matahari.

Jenis kaktus mini, sirih gading, Chinese money, bromeliad, adalah contoh tanaman yang cocok di indoor. Penempatannya bisa di meja ruang tamu, etalase dinding, bahkan juga bisa di taruh dalam kamar.

Dessy Aryanti kolektor aneka tanaman indoor mengatakan, bentuknya yang kecil bisa berekplorasi dengan aneka pot kecil dengan bentuk unik. Misalnya saja gelas bening, atau pot kecil yang sudah diberi warna-warna cerah. Selain itu, tanaman indoor tersebut dapat memberikan oksigen dan menyerap polusi dalam ruangan. Bentuknya yang unik dan cantik akan membuat mata dan hati lebih segar. “Selain untuk estetika, juga sebagai pengobat stress,” kata Dessy.

Baca juga:  Tampil Trendi Tak Harus Beli Pakaian Baru Tiap Bulan

Menurut dosen di Universitas Diponegoro (Undip) ini, merawat tanaman indoor tidak seribet tanaman lainnya. Seperti harus menyiram setiap hari. Dicontohkan, kaktus mini yang tidak membutuhkan penyiraman setiap hari. Atau tanaman sirih gading.

“Pertumbuhannya juga tidak bergitu cepat. Misalnya untuk penyiraman dilakukan seminggu sekali untuk sekulen atau kaktus mini, kalau tanaman air hanya perlu ganti air saja seminggu sekali,” tuturnya.

Puluhan kaktus mini telah ia koleksi. Sebut saja Ariocarpus, Astrophytum,Cereus Tetgraonus, Echinocactus Grusonii, Haworthia Attenuata, dan lain sebagainya. “Kalau hunting paling ke Bandungan, namun ada juga yang beli online,” ujarnya.

Hobi ini, telah dijalani Dessy setahun terakhir. Ia pun bereksplorasi dengan aneka pot cantik yang dibuat hand made. Bentuk pot yang unik juga akan menahkan kesan artisitik ruangan.

Baca juga:  Tak Sekadar Menikmati Kopi

“Ada banyak pilihan pot cantik, bahkan ada yang custom sesuai dengan keinginan kita,” katanya.

Bagi istri dari I Gede Ananta Wijaya Putra ini, tanaman hias bisa mengubah kesan ruangan. Ia bisa mengeksplore ruangan dengan penempatan tanaman indoor koleksinya. “Biasanya saya tambahin batu kecil agar lebih cantik dan indah,” ujarnya. (den/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya