alexametrics

Selaraskan Gerakan, Nafas dan Musik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Tak hanya baik untuk tubuh, yoga juga baik untuk kesehatan mental dan fisik. Salah satu evolusi dalam olahraga ini adalah jenis inside flow yoga.

Elviera Indah Trishintawati, instruktur Jasmine Studio mengatakan inside flow yoga adalah perkembangn baru jenis vinyaza yoga yang menyatukan nafas, gerakan dengan media musik. Seperti halnya menyanyikan lagu dengan bahasa tubuh, yang bergerak mengalir dari satu transisi gerakan ke gerakan lain.

“Saat gerakan yoga mengalir mengikuti ketukan musik, kita akan sadar bahwa pikiran dan jiwa kita akan menyatu. Itu akan memberi efek ketenangan dan damai atau bisa kita sebut sebagai meditasi,” ungkap Verra sapaan akrabnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dikatakan Verra, perbedaan inside flow yoga dengan yoga yang lain adalah pada beat musik. Inside flow bergerak sesuai dengan alunan musik yang diputar. Menurutnya, menggunakan musik apapun tidak masalah. Segala jenis musik bisa dipakai berlatih pada saat building sequence atau gerakan runtut. Selama ritme musiknya tidak lebih dari 150 bps.

Baca juga:  PLN Pastikan Pasokan Listrik Jateng dan DIJ Tak Terganggu

“Sebelum kita menggunakan musik atau lagu, tentunya pemilihan disesuaikan dengan kebutuhan kita untuk berlatih. Bedanya dengan vinyaza yoga, di inside flow ada tema dan story telling-nya. Alasan dan pemilihan musik dikembalikan lagi kepada kita sendiri,”imbuh Verra.

Lanjut dia, gerak tubuh dengan diiringi musik dalam inside flow dinamakan spanda movement. Spanda movement dibagi dalam gerakan kecil (namaste) dan gerakan besar (open chest). Alurnya dari gerakan kecil dahulu, kemudian masuk gerakan besar. Semua gerakan sama dengan gerakan yoga yang lain, seperti gerakan asana atau pose yoga.

“Seluruh anggota tubuh kita bergerak. Seluruh otot di badan kita bergerak. Namaste (tangan depan dada), termasuk gerakan kecil. Lalu open chest (tangan dibuka) termasuk gerakan besar. Mulai dari gerakan tangan, otot besar dan otot kecil. Kemudian mengarah ke lengan, paha, perut, betis yang bagus untuk latihan otot,”tuturnya.

Baca juga:  Antiklimaks Pencalonan Petahana Wonosobo

Verra biasa menjadi instruktur di Jasmine Studio yang beralamat di Jalan Sidodadi Timur no. 28 Semarang. Dikatakan Verra, inside flow bisa dilakukan untuk semua kalangan. Lebih fun dan gampang diikuti oleh pemula. “Cocok untuk semua usia. Lebih ngena di hati, karena kita bergerak sesuai alunan dan ritme musik. Gampang diikuti sesuai ketukan. Dari segi kesehatan, berguna juga membakar kalori atau lemak. Jangka panjangnya, untuk otot-otot terbentuk yang memberi efek pada kebugaran dan kesehatan tubuh,”jelasnya.

Irene Enggawati, 46, pemilik Jasmine Studio turut memandu jadwal kelas untuk inside flow yoga. Menurutnya, inside flow sudah mulai dikenal di kota-kota besar tanah air. Sebut saja Jakarta, Bogor, Semarang, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan. Setiap tahun diadakan inside flow concert. Seluruh inside flow teacher dari berbagai negara berkumpul, tahun lalu diadakan di Ubud, Bali.

Baca juga:  Giovanni dan Christian Wakili UKSW di KN MIPA Nasional

“Jasmine Studio biasa membuka kelas inside flow pada Senin dan Kamis. Pukul 15.30 hingga 17.00. Latihannya di atas matras yoga. Untuk instruktur berbeda dengan vinyaza, yoga flow atau yoga dance. Di inside flow yoga, instruktur sudah berizin atau memiliki lisensi untuk bisa mengajar inside flow. Tidak sembarang orang bisa jadi instruktur inside flow yoga,”ungkap Cik Irene, sapaan akrabnya. (avi/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya