alexametrics

Liburan Ramadan Momen Bersama Keluarga

Oleh : Rona Ratna Pribadi M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, RAMADAN adalah bulan yang penuh dengan momen-momen keberkahan yang luar biasa. Momen di tempat kerja, momen di tempat ibadah, dan momen di rumah. Awal Ramadan biasanya banyak orang masih sibuk dengan pekerjaan di tempat kerja masing-masing. Melaksanakan ibadah di tempat kerja sampai habis jam kerja. Karena itu, di antara bentuk ibadah yang bisa dilakukan di tempat kerja adalah salat berjamaah di musala atau masjid yang tersedia di dalam tempat kerja. Setelah salat bisa sejenak untuk tadarus, kemudian kembali melanjutkan pekerjaan.

Tengah Ramadan biasanya adalah waktu-waktu liburan. Inilah waktu yang tepat untuk dijadikan waktu liburan Ramadan sebagai momen untuk bersama keluarga, family time.

Baca juga:  Karakteristik Kepribadian Komedian (Humoris)

Berikan yang terbaik untuk keluarga, untuk pasangan hidup, dan buah hati. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “sebaik-baik kalian adalah yang terbaik sikapnya terhadap keluarga. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku.”

Terkadang atau bahkan seringkali kita bisa meluangkan untuk ikut acara buka bersama dengan rekan-rekan kerja dengan mengesampingkan keluarga sendiri. Nah, momen liburan Ramadan ini, manfaatkanlah seluruh kesempatan hanya untuk keluarga. Dengan sahur bersama, buka puasa bersama, tadarus bersama, mengkaji ilmu bersama, bahkan jalan-jalan pun bersama.

Niscaya akan tercipta keluarga yang lebih harmonis. Negara kita Indonesia pun akan lebih menjadi sebuah negara yang lebih harmonis. Bagaimana tidak? Negara Indonesia terdiri atas 34 provinsi. Provinsi ada, terdiri atas beberapa kabupaten. Kabupaten ada, karena terdiri atas beberapa kota. Kota ada karena terdiri atas beberapa kecamatan. Kecamatan ada karena terdiri atas beberapa kelurahan. Kelurahan ada karena terdiri atas beberapa Rukun Warga (RW). Rukun Warga (RW) ada karena terdiri atas beberapa Rukun Tetangga (RT). Rukun Tetangga (RT) ada karena terdiri dari banyak keluarga.

Baca juga:  Cium Nisan Habib Ahmad Alatas Pengganti Cium Tangan

Dari paparan singkat itu pasti bisa kita tangkap bahwasanya dengan adanya keluarga yang lebih harmonis, akan tercipta negara yang lebih harmonis. Maka dari itu mari manfaatkan liburan dan keberkahan Ramadan ini sebagai momen untuk bersama keluarga. (*/ida)

Dosen IAIN Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya