alexametrics

Sehari Terjual 30 Kg Kolang-Kaling

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Bulan Ramadan para pedagang meraup untung dari jualan kolang kaling. Salah satunya di Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang. Buah tersebut banyak diburu pembeli. Dalam sehari pedagang bisa menjual 30 kilogram kolang kaling.

“Ini awal Ramadan banyak yang cari. Satu hari bisa menjual sampai 30 kilogram,” ujar Prinka, salah satu pedagang kolang kali di Pasar Muntilan. Satu minggu Prinka mendapat pasokan buah kolang-kaling dari Tasikmalaya, Jawa Barat.

Di bulan Ramadan ini harga kolang-kaling pun naik. Jika sebelumnya satu kilogram Rp 15 ribu, sekarang menjadi Rp 20 ribu. Kendati begitu, menurut Prinka tetap banyak orang yang memburunya.

“Malah biasanya kalau pas Lebaran banyak lagi yang beli,” kata Prinka. Pembeli biasanya berasal dari wilayah Muntilan dan sekitarnya.

Baca juga:  Safari Ramadan Momentum Merajut Persatuan

Sehari Prinka menyediakan 50 kilogram buah kolang kaling. Jika tidak habis akan disimpan untuk stok. Mengingat buah tersebut tahan lama jika direndam di air. Hal serupa juga dialami Hartono pedagang buah kolang kaling lain di Pasar Muntilan. Di awal Ramadan ini banyak pembeli kolang-kaling. Satu hari bisa menjual 20 kilogram kolang-kaling. “Saya jual kolang kaling pas puasa saja,” katanya.

Di awal Ramadan ini Hartono membeli satu kuintal kolang-kaling untuk dijual kembali. Satu kilonya dijual Rp 20 ribu. “Kalau direndam di air terus, bisa tahan sampai satu bulan. Air harus diganti terus,” tutur Hartono. (man/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya