24 C
Semarang
Minggu, 29 Januari 2023

Hal-hal yang Membatalkan Salat, Nomor 10 Paling Sering Terjadi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Salat merupkan kewajiban bagi setiap muslim. Keutamaan salat harus ditegakkan dengan mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan seluk-beluk salat.

Termasuk hal-hal yang membatalkan salat adalah salah satu keutamaan dalam beribadah. Secara terperinci sebagai seorang muslim harus tau hal-hal yang membatalkan salat. Mengetahui hal yang membatalkan salat adalah salah satu keutamaan dalam beribadah.

Tentu sebagai seorang muslim tidak ingin sholat yang telah dikerjakan setiap waktu baal dan sia-sia. Oleh karena itu, kita penting mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan salat menjadi batal.

Hal yang Membatalkan Salat

  1. Terkena Najis

Terkena najis adalah hal yang membatalkan salat. Najis merupakan zat yang menyebabkan seseorang tidak dalam keadaan suci. Jika hendak melakukan salat diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu.

2. Berhadas

Hal yang membatalkan salat adalah berhadas. Hadas dalam hal ini adalah keadaan tidak suci seorang muslim yang telah baligh, hadas sendiri terbagi menjadi 2 yaitu hadas besar dan hadas kecil.

Hadas besar contohnya seperti haid, untuk melaksanakan salat seseorang harus bersuic dahulu dengan cara mandi besar. Sedangkan hadas kecil seperti kencing atau buang air besar, jika akan melaksanakan salat, seorang muslim diwajibkan untuk bersuci dahulu dengan cara berwudhu.

3. Terbukanya Aurat

Dalam melaksanakan salat jika auratnya tebuka dan tidak segera ditutupi maka hal ini termasuk menjadi hal yang membatalkan salat.


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Menarik

Artikel Menarik Lainnya