alexametrics

Warga Kalisalak Solid dan Kompak Lawan Covid-19

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Batang – Solidaritas warga Desa Kalisalak, Kecamatan Batang dalam menerapkan PPKM mikro mendapatkan apresiasi positif Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitria Sutisna. Kekompakan warga setempat mampu menurunkan angka positif Covid-19 secara signifikan.

“Sebelum diberlakukan PPKM, ada 15 warganya yang positif Covid-19. Namun kini satu orang saja. Desa Kalisalak ini sangat bagus dalam penanganan PPKM,” kata Iskandar yang juga menjabat Kabid Humas Polda Jateng saat berkunjung di Desa Kalisalak, Senin (1/3/2021) kemarin.

Kombes Pol Iskandar yang didampingi Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka mengecek semua kelengkapan alat pelindung diri (APD) di Posko PPKM mikro Desa Kalisalak. Begitu juga dengan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh warga dan perangkat desa. Solidaritas warga melawan persebaran Covid-19 sangat kuat. Bahkan, pembagian masker dan penyemprotan disinfektan rutin dilakukan. Saat ada warga yang terinfeksi Covid-19, warga lain membantu dan memberikan support untuk kesembuhannya. Secara umum, ketersediaan sembako dipenuhi warga secara swadaya di lumbung pangan. Begitu juga penyediaan dapur umum.

“Kalaupun ada warga yang terpapar, tidak cemas. Ada yang memperhatikan. Itu salah satu cara menguatkan imun dan fisik. Kalau stres malah akan tambah parah,” jelas Kombes Pol Iskandar.

Dalam kunjungannya tersebut, ia menyempatkan diri menjenguk warga yang sedang isolasi mandiri. Dari kejauhan, Kombes Pol Iskandar bersama jajaran Polres Batang berbincang dengan korban. Buah-buahan diberikan, suami korban yang tidak ikut terpapar menerimanya secara langsung. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke Kelurahan Proyonanggan Tengah.

Kombes Pol Iskandar menegaskan pelaksanaan PPKM mikro terbukti efektif. Berdasarkan data di seluruh Provinsi Jateng, zona merah dan orange sudah tidak ada. Saat ini yang ada hanya zona kuning dan hijau. “Perangkat desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa bahu membahu membantu masyarakat,” tegasnya.

Kepala Desa Kalisalak, Sucipto Sapto Atmojo mengatakan, kunci kesuksesan PPKM mikro di tempatnya adalah kekompakan seluruh warga. Jika ada salah satu warga yang terindikasi atau positif Covid-19, ditanggung bersama-sama.

Alhamdulillah, dengan semangat gotong-royong antara RT, RW, pamong desa, petugas kesehatan, selalu bekerja sama dan berkomunikasi secara intensif. Insyaallah Covid-19 akan minggat,” ujarnya. (yan/ida)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...